Bupati ROR Sesalkan PLN Sepertinya Tidak Peduli Terhadap Kelestarian Danau Tondano

Tondano – Sejak dicanangkan pelestarian Danau Tondano dengan melakukan pengangkatan gulma eceng gondok Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah mendapat banyak dukungan berbagai pihak.

Dari sekian banyak dukungan yang diberikan, Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR) sangat sesalkan terhadap PLN yang tidak menunjukan kepedulian terhadap pelestarian danau Tondano.

”Yang kita sesalkan adalah PLN yang sepertinya tidak menunjuk keperdulian terhadap pelestarian danau Tondano, sejak saya menjadi bupati PLN tidak menunjukkan kebersamaan untuk mengatasi danau, cuma datang protes ada Enceng gondok di saluran, tanpa danau Tondano, PLN tidak bisa memutar turbin 67,38 KVA untuk pembangkit listrik,” tegas Bupati ROR kepada awak media Selasa, 21/1/20

Namun dibalik ketidak pedulian Pihak PLN dalam membatu program pembersihan Danau, dirinya optimis 2020 tumbuhan eceng dapat teratasi. ”Kita optimis enam, tujuh bulan masalah eceng gondok dapat teratasi,” kata Bupati.

“Dalam berbagai kesempatan saya selalu sampaikan bahwa dari APBN lewat balai sungai mereka menganggarkan 20 Miliar untuk pembangunan tembok, dari anggaran provinsi lewat pak Gubernur dan wakil gubernur 20 Miliar untuk pengadaan peralatan,” ungkap Bupati Minahasa

Bupati ROR menambahkan bahwa pemkab Minahasa sendiri menganggarkan 6,6 Miliar, untuk padat karya dan sebagian kecil untuk peralatan dan biaya operasional, bahkan TNI menganggarkan 1 Miliar untuk padat karya.

“Selain bantuan 1 Miliar dari TNI lewat Kodim 1302 Minahasa setiap hari akan menerjunkan 100 personil untuk mengangkat gula eceng gondok, termasuk dari Polres Minahasa,” ujar bupati ROR. (Christian Tangkere).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s