Minahasa

Wabup Dondokambey optimis padi Varietas M70D jawab kebutuhan pangan

Tondano – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey (RD) yang juga sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Minahasa, menerima secara simbolis benih padi Varietas M70D, bertempat diruang kerjanya, Rabu (22/1/2020).

RD sendiri optimis dengan dikembangkannya benih padi Varietas M70D ini, maka akan menjawab kebutuhan pangan khususnya beras masyarakat Kabupaten Minahasa.

” Kita meyakini, benih padi Varietas M70D ini bisa menunjang sektor pertanian di Kabupaten Minahasa dan akan menjawab kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Minahasa,” imbuhnya didampingi Sekretaris HKTI Minahasa Tito Manopo serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Yeittij Roring.

Dijelaskan RD, pengembangan benih padi Varietas M70D ini merupakan hasil dari kerjasama antara HKTI Minahasa dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa serta Universitas Negeri Manado (UNIMA) Fakultas MIPA.

” Jenis padi M70D ini dapat dipanen dalam jangka waktu 70 Hari, dengan indeks panen padi yang pada umumnya 300 % dapat meningkat 400% per tahun atau 4 kali panen dalam setahun dan berdasarkan penelitian produksi dapat mencapai 12 Ton per hektar,” pungkasnya.

Adapun kelompok tani yang terpilih dalam menjalankan program ini adalah kelompok tani “Minahasa”.

(Christian Tangkere)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s