Ekonomi & Bisnis

Rampung 2020 Akhir, Pembangunan Bandara Samratulangi Manado Utamakan Konten Lokal

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Perluasan Bandara Samratulangi Manado sementara berproses. Rencananya, pada akhir 2020 nanti, pengerjaan proyek pembangunan bandara akan selesai.

Sehingga, pembangunan bandara yang tetap mengutamakan konten lokal tersebut, bakal menjadi hadiah Natal dan Tahun Baru bagi warga sulawesi utara, pengguna jasa Bandara Sam Ratulangi Manado.

General Manager Minggus Gandeguai menyebut, sejak ditinjau Presiden RI Joko Widodo beberapa kali, proses pembangunan terus berlangsung. Bahkan kata dia, saat ini tahap pengerjaannya sudah sampai di pembongkaran tempat parkir.

“Jadi rencananya akhir 2020 ini, pembangunannya selesai. Dan upaya kami, pada saat Nataru tahun ini, Bandara kita sudah update dengan tetap pada konsep lokal kita seperti pohon kelapa dan kain bentenan,” ungkap Minggus saat konfrensi pers dengan media, di Bendito Kawasan Megamas, Kamis(30/1).

Menghabiskan anggarakan kurang lebih Rp477 miliar, terminal Bandara nanti akan diperluas menjadi 30 ribu meter persegi, yang diproyeksikannya, dapat menampung kurang lebih 5,7 penumpang pertahun atau naik sekitar 3 juta penumpang.

“Jadi pembangunannya, ada pada perluasan tempat parkir kendaraan, di mana biasanya bisa memuat 350 unit kendaraan roda empat, nantinya dapat menampung 650 unit kendaraan roda empat. Dan tetap kita mengutamakan konten lokal seperti pohon kelapa dan kain bentenan,” sebutnya.

Sementara itu, Project Manager Adhi Karya Ugik Sugiharto mengungkapkan beberapa yang dikerjakan di bandara Sam Ratulangi yaitu terminal baru, terminal eksisting, tempat check in, toko-toko, toilet, bahkan lahan parkir. Nantinya akses jalan masuk dan keluar juga akan lebih luas.

“Tapi kita tak akan menambah dari lahan di luar bandara. Semua dari luas yang sudah ada sekarang ini,” tutur Ugik.

Dia juga menyebut, pihaknya akan melibatkan tenaga kerja lokal dalam proses pengerjaan non spesial dari pembangunan tersebut.

“Dan nantinya akan menyampaikan perkembangan proyek pembangunan secara uptodate selang enam bulan pengerjaan,” tambahnya sembari memohon maaf bila nantinya akan mengurangi kenyamanan pengguna jasa Bandara Sam Ratulangi Manado.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s