Minahasa Tenggara

Lalandos , Birokrat Inovatif Diangkat Bupati JS Jadi Plh Sekda Mitra

Ratahan – Kepala Inspektorat David Lalandos resmi ditunjuk sebagai pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggantikan Robby Ngongoloy yang mengundurkan diri.

Bupati James Sumendap didampingi Wakil Bupati J Jocke O Legi, dengan disaksikan para kepala SKPD lainnya, secara langsung menyerahkan surat perintah bupati nomor 821/BKPSDM-MT/21-2020, tentang pelaksana harian (Plh) Sekda Mitra, di lantai 2 kantor Bupati pada Kamis kemarin (30/1/2020).

Sah, Bupati JS tugasi David Lalandos jadi orang nomor satu birokrasi Minahasa Tenggara.

Dalam surat tersebut, Bupati James Sumendap memerintahkan kepada David Lalandos, bahwa mulai tanggal 30 Januari 2020 disamping jabatan Inspektur, juga sebagai pelaksana harian Sekda Mitra.

“Ini untuk mengisi kekosongan. Saya juga belum mengusulkan siapa yang nanti akan mengisi jabatan ini tiga bulan ke depan. Nanti akan dilihat apakah bisa jadi pelaksana tugas (Plt) atau hanya sampai pelaksana harian,” ungkap Sumendap.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Marie Makalow mengungkapkan, dalam surat pengunduran dirinya Ngongoloy beralasan ingin keinginan untuk berkarir di pemerintah provinsi, ingin menambah wawasan sebagai ASN, serta pertimbangan keluarga.

“Surat pengunduran diri dari Sekda sudah disampaikan oleh yang bersangkutan kepada bupati, dan telah ditandatangani di atas materai,” jelasnya.

Sementara itu PLH Sekda Mitra David Harryawan Lalandos mengungkapkan syukurnya atas kepercayaan dari pimpinan itu. Kepala SKPD yang terkenal juga inovatif ini berkomitmen untuk menunjukkan kinerja yang terbaik, sebagaimana biasanya ia bekerja maksimal di bawah arahan Bupati James Sumendap.

“Ini tanggung jawab besar yang diberikan Bupati kepada saya. Walau masih Plh namun saya sangat berterima kasih, serta siap membayar kepercayaan ini dengan kinerja yang baik dan maksimal,” tandasnya.

Kinerja prima Lalandos telah terekam, baik saat menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan membawa pelayanan Capil yang berbasis online pertama di Sulut dan di Inspektorat, Mitra menjadi yang tertinggi di Sulut dalam aksinya untuk mencegah tindak korupsi.

Tinggal menunggu ke depan perkembangan apa lagi yang dibawa sosok birokrat jebolan STPDN yang terkenal dekat dengan para jurnalis Mitra itu, di bawah visi dan misi Bupati James Sumendap dan Wakil Jesaja J O Legi. (VictoryTB)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s