[VIDEO] Buka Latsar Untuk 266 CPNS Golongan III, Wagub Berikan Edukasi

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw, membuka kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan I – VII Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020 di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Sulut, Kamis(6/2).

Dalam kesempatan itu, Wagub pun memberikan edukasi kepada 266 peserta latihan dasar (latsar). Agar supaya dapat membawa atmosfer baru, warna baru dan dapat mengubah mindset sebagai birokrat.

Dirinya juga mengungkap, menjadi PNS bukanlah hal yang mudah. Ada proses yang perlu dilewat. Sehingga dirinya menyebut, merupakan suatu kebanggaan ketika bisa berhasil melewati beberapa tes dan dinyatakan mampu melewati tahapan ini.

“Untuk itulah. Banggalah menjadi PNS, milikilah stigma dan ekspektasi sebagai birokrat yang baik. Artinya, ketika keluar dari latsar bawa warna dan mindest baru sebagai birokrat,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut itu pun optimis bahwa peserta latsar CPNS akan menjadi tulang punggung PNS ke depan.

“Mudah-mudahan tahapan latsar akan memperbaiki karakter dari orang biasa menjadi PNS yang diteladani, pola anutan dan role model,” tambahnya.

Dalam arahannya, Wagub juga mengapresuasi kepada peserta yang berani keluar dari zona nyaman. Dengan berani ditempatkan ditempat-tempat jauh bahkan sampai ke wilayah perbatasan dan kepulauan.

“Sebelumnya, selama 7 tahun pemprov vacum dan tak sempat melakulan rekrutmen. Nah, kalau saat ini ada penerimaan, harapannya dapat menciptakan PNS yang qualified, berintegritas dan kredibel,” sebutnya sembari menambahkan agar para calon ini dapat mendedikasikan panggilan bahkan passion dan tidak setengah hati serta mampu melayani masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga, Wagub mengajak para latsar untuk berkomunikasi tentang latar belakang pendidikan, asal sekolah hingga penempatan.

Dalam giat tersebut, dihadiri oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Sulut Asiano Gammy Kawatu dan Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Sulut, Paulus Tamaka serta para staf.

Diketahui, para latsar akan mengikuti pelatihan dasar selama 51 hari.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s