Sulut

[VIDEO] KPU Sulut Diminta Jalankan Tahapan Pemilihan Sesuai Amanat Undang – undang

Sulut – Menghadapi pemilihan kepala daerah 2020 yang tahapannya tengah berjalan, Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Republik Indonesia, minta KPU Sulawesi Utara ( Sulut) jalankan tahapan sesuai amanat Undang – undang.

” Memang saya menghimbau kepada KPU Sulut bekerjalah dengan peraturan dan Undang – undang maka semua semesta akan mendukung,” kata Ilham Anggota KPU RI divisi SDM, dalam coffee Morning yang digelar KPU Sulut dengan Insan Pers, Rabu (19/02) di Coffee & eat Bahu Mall Manado.

Dirinyapun menjelaskan dalam Pilkada 2020 ini pihak KPU terus berada dalam pantauan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP) dan Badan Penyelenggara Pemilihan Umum ( Bawaslu ), ” Kalau Kami melanggar Kode etik,silahkan dilapor ke DKPP dan Kalau melanggar tahapan laporannya kepada Bawaslu,” jelasnya.

Namun Anggota KPU RI ini meyakini bahwa jajaran KPU yang ada di Sulawesi Utara mampu menjalankan tugasnya deng profesional,” Pada Pemilu lalu, KPU Sulut telah memperlihatkan keberhasilannya apalagi partisipasi pemilih yang mencapai angka 83.90 persen di atas standar KPU RI. Itu menunjukan bahwa kinerja KPU Sulut sangat hebat dan semua keberhasilan tidak lepas dari peran serta teman-teman awak media,” jelasnya.

Dijelaskannya pula,dalam data kepolisian, Sulawesi Utara terdapat beberapa Kabupaten dan kota yang memiliki indek kerawanan pemilu menghadapi Pilkada 2020.

“Sulawesi Utara terdapat beberapa daerah yang memiliki potensi index kerawanan Pemilu, dimana pihak kepolisian telah merekomendasikan Kota Manado, Kota Bitung dan Kota Tomohon adalah daerah rawan terjadi konflik pilkada,” Soal seperti apa tindakan selanjutnya ini adalah tanggungjawab aparat keamanan KPU hanya sifatnya koordinasi,” jelas Ilham.

Sementara terkait Penyelenggaraan Pilkada yang di gelar KPU Sulut dan KPU kabupaten serta Kota, Ilham Meminta terus ada dukungan dari Masyarakat serta insan pers sehingga pilkada tahun 2020 ini berjalan sukses.

” Saya berharap dengan adanya superfisi seperti ini pilkada di Sulut bisa berjalan dengan baik dengan dukungan masyarakat,mari memilih secara rasional dan memilih sesuai dengan visi misi, dan kami juga meminta Pers dapat mensosialisasikan ini.Ciptakanlah situasi kondusif kalau ada masalah silahkan di konsultasikan dan konfermasih jangan ada hoaks,” Harapnya.

Mendahului kegiatan, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh menjelaskan kepada KPU RI terkait keberhasilan pelaksanaan Pemilu Pilpres 2018 lalu dan menghadapi Pilkada serentak 2020 tidak lepas dari peran media massa. “Ini adalah awak media yang konsen membantu KPU dalam sukses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada di Sulut,” ungkap Mewoh.

Turut Hadir dalam coffe morning ini, Anggota KPU Sulut lainnya, yakni, Salman Sahelangi, Yessy Momongan, Lanny Ointu dan Meidy Tinangon. [Kelly]

Categories: Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s