Ekonomi & Bisnis

Masuk Tahap Perencanaan, Philippines Airlines Bakal Buka Penerbangan Davao-Manado

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Dampak Virus Novel Corona yang terjadi di Kota Wuhan, China menyebabkan berkurangnya penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Namun demikian, tak mengurangi komitmen dari manajemen Bandara untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara.

Bahkan bandara Sam Ratulangi justru tetap mampu mencatat sejumlah prestasi, di antaranya meraih peringkat kedua kinerja non aeronautika.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai menyebut bandara Sam Ratulangi justru dibebankan untuk menyelesaikan perluasan terminal hanya dalam waktu satu tahun.

“Hal ini justru menjadi kesempatan kita untuk melakukan pembenahan. Sehingga saat virus Corona selesai, kita sudah siap untuk maju,” ungkap Minggus, saat wawancara dengan awak media pada malam puncak HUT AP I ke 56-tahun, Sabtu(22/2) pekan lalu.

Bahkan, dalam tahap perencanaan, dia menyebut ada beberapa maskapai yang siap melakukan ekspansi di Bandara Sam Ratulangi, yaitu Philippines Airlines serta maskapai kargo, Cardig Air.

Philippines Airlines menurut Minggus akan membuka penerbangan Davao-Manado pada 17 Mei 2020 mendatang. Sedangkan Cardig Air akan membuka penerbangan Jakarta-Manado.

Selain itu, Cardig juga melihat peluang untuk membuka penerbangan kargo ke Jepang.

“Jadi selain rute Manado-Jakarta, Cardig Air juga berencana untuk membuka penerbangan ke Jepang untuk mengangkut ikan dari Manado,” katanya sembari menambahkan, rencana tersebut akan segera ditindaklanjuti.

Untuk kinerja non aero-nautika, bandara Sam Ratulangi telah mencatat pertumbuhan sembilan persen dan menempati peringkat kedua setelah bandara Ngurai Rai Bali.

“Kinerja tersebut mengalahkan bandara besar lainnya seperti Makassar dan Balikpapan. Kita masih lebih baik dari mereka,” tambahnya.

Pada acara puncak HUT tersebut, konsep yang dipilih adalah Cowboy. Dimana menurut Minggus dresscode yang dipilih adalah kotak-kotak, karena sehari-hari mengenakan baju putih.

“Dengan dresscode seperti ini, menurut saya akan lebih akrab,” tuturnya.

Diketahui, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada perayaan ini PT. AP I juga menyediakan ratusan doorprize, dengan hadiah utama berupa dua unit sepeda motor.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s