Sulut

KPU Sulut Gandeng Bank Mandiri dalam Pilkada 2020

Manado – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Bank Mandiri Persero Tbk, malam tadi tanda tangani MoU. Terkait Kerja sama dalam rangka melancarkan proses penyaluran dana hibah pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sulut 2020.

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh usai pelaksanaan penandatanganan Mou kepada sulut news tv di Four Points Hotel, Manado, Malam tadi mengatakan Dana hibah yang diberikan pemerintah untuk penyelenggaraan Pilkada ini kita harus tampung di rekening khusus penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.
“Untuk bank, pertama kita melakukan pemilihan dulu. Dalam bentuk beauty contest yang memang sudah berlaku di KPU dalam penyelenggaraan Pilkada,” jelas Mewoh.

Fasilitas yang disediakan pihak bank, diakui jadi salah satu penilaian penting untuk menentukan bank mana yang akan menampung dana hibah tersebut.

“Berdasarkan beauty contest itu, baru kita tetapkan bank mana yang akan menampung dana hibah. Berdasarkan fasilitas yang diberikan. Tentunya terkait dengan kelancaran penyaluran dana hibah sampai kepada tingkat adhoc, kecamatan, desa dan kelurahan, bahkan sampai ke TPS,” ungkapnya.

“Mana bank yang dapat menjamin kelancaran penyaluran dana sampai ke tingkat TPS, itu yang kita prioritaskan. Nah, itu yang menjadi pilihan dari KPU Provinsi Sulawesi Utara,” tandasnya.

Mewoh menambahkan ada mekanisme dalam penilaian untuk menentukan bank ini. “Sudah ada ketentuan dalam Peraturan KPU (PKPU) terkait dengan mekanisme penetapan bank penampung dana hibah. Aturan itu yang kita ikuti,” tutupnya

Sementata itu vice president bank mandiri frelly jimmy leonh yang menandatangani Mou tersebut mengatakan pihak bank mandiri sangat siap untuk mendukung pelaksanan pemilihan kepala gunernur dan wakil gubernur di sulawesi utara pada tahun 2020.

Leonh menambahakan saat ini sudah menginstruksikan kepada seluruh chanel, bahwa kita sudah bekerjasama dengan KPU Sulut, dan kita akan sediakan pelayanan khusus untuk KPU Sulut,” ujar Leong usai

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan kerjasama bertajuk ‘KPU Sulut dan Bank Mandiri Persero Tbk Dalam Penyediaan Jasa Layanan Perbankan Untuk Mendukung Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Guna memastikan hal itu, Leong membeberkan beberapa layanan yang pihaknya tawarkan sebagai kemudahan terhadap KPU Sulut. Beberapa diantaranya adalah layanan Cash dan Non Cash

“Kalo pengolahan pasti ada kemudahan. Karena kalau cash cabang kita sudah tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Utara. Kalaupun mau menggunakan cahsless, e-chanel kita sudah familiar atau sudah banyak digunakan,” ungkapnya.

Selain itu, banyaknya perusahaan yang bergabung dengan mandiri grup menjadi salah satu kelebihan ‘bank plat merah’ itu.

“Selain bank mandiri kita punya bank mandiri taspen (mantap), mandiri tunai finance, ada sekitar dua belas perusahaan yang masuk dalam mandiri grup,” jelasnya.

“Mudah-mudahan kami bisa melayani dengan sebaik mungkin, sehingga pilkada di sulut bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya.

MoU tersebut ditangani oleh Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dan Vice President Bank Mandiri Frelly Jimmy Leong. Turut menyaksikan langsung Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu dan Meidy Tinangon.

(Kelly)

Categories: Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s