Fokus Penguatan di Semua Sektor, Ekonom : ODSK Berinvestasi Ciptakan SDM Unggul

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Menurut Ekonom Sulut Dr Fredrik Gerdy Worang Pertumbuhan Ekonomi (PE) di Bumi Nyiur Melambai kian baik dimasa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Menurut Worang, hal ini tentu didukung dengan adanya penguatan SDM unggul dimana hal tersebut juga menjadi fokus Gubernur OD.

Bahkan dia menilai, langkah yang dilakukan Gubernur OD adalah merupakan langkah investasi yang hasilnya bisa dilihat ditahun-tahun yang akan datang.

Apa sebab, Akademisi Universitas Sam Ratulangi Manado ini mengamati, penguatan SDM unggul yang dilakukan Gubernur ini, dengan cara memberikan bantuan ke masyarakat di berbagai sektor. Contohnya membantu nelayan dan petani untuk bisa menjadi mandiri dan kedepan bisa sejahtera.

“Tentu hal ini adalah suatu kebanggaan dimana masyarakat Sulut memiliki pemimpin yang tidak hanya melihat plan atau hasilnya pada jangka menengah. Tetapi juga jangka panjang. Gaya ODSK menciptakan SDM unggul, dengan cara berinvestasi untuk modal dimasa depan,” ungkapnya.

Disaksikannya sendiri, bagaimana upaya Gubernur OD sangat peduli akan pembangunan SDM dengan melakukan kunjungan pula ke daerah-daerah.

“Di setiap daerah Gubernur memberikan bantuan untuk rumah-rumah ibadah seperti masjid dan gereja. Termasuk fasilitas penunjang antara lain pastori, konsistori, ataupun kantor gereja. Namun, ini patut disadari bahwa, beginilah gaya ODSK untuk meningkatkan SDM unggul di masyarakat khusus daerah-daerah tertentu,” ungkap Jebolan Business Marketing di Oklahoma State University dan penyandang gelar PhD Management and Governance di Murdoch University ini kepada Sulut News TV.

Lanjut kata dia, kenapa jemaat dan rumah ibadah perlu dibantu fisik dan non fisik karena institusi agama adalah non profit organization. “Jadi memang perlu untuk dibantu,” tuturnya.

Untuk bidang Pendidikan, menurutnya Gubernur juga tidak memandang dengan sebelah mata. “Diberikannya anak-anak didik berprestasi yang dikatakan tidak mampu untuk bisa menikmati beasiswa,” tutur Anggota Komisaris BSG itu.

Lanjut ke sektor Ketenagakerjaan. Worang menyebut kedepan pemerintah agar lebih fokus lagi memfasilitasi pelatihan-pelatihan, seperti hal yang dilakukan Gubernur OD.

“Saya kira, kedepan para pekerja-pekerja seperti ibu rumah tangga contohnya selain petani dan nelayan. Dimana bila ada oustsorching yang bisa mempekerjakan IRT dengan tugas yang tepat disaat tidak sibuk sebagai IRT. Karena itu bagian dari menciptakan SDM unggul,” tutupnya.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s