Dukung Perluasan Di Bandara Samrat Manado, OD : Sebelum Oktober 2020 Rampung

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE memberikan support untuk pembangunan perluasan di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Hal itu di ungkapkan Olly kepada sejumlah wartawan di giat Ground Breaking, Bandara Sam Ratulangi, Senin (9/3).

Dalam kesempatan itupun, Olly meminta pekerjaan proyek tersebut agar bisa dipercepat, minimal Oktober 2020 sudah selesai.

“Saya optimis PT Adhi Karya dapat mempercepat pekerjaan yang didapat di bandara, sebelum Oktober 2020. Karena ini menjadi harapan masyarakat Sulut, bersamaan juga disiapkan untuk menyambut kegiatan internasional G20 pada tahun 2023 mendatang. Untuk itu saya juga akan- melobi pemerintah pusat,” katanya.

Terkait G20, Olly menyebut Sulut memiliki saingan Labuan Bajo.

“Makanya kalau terbang bandara ini bisa cepat, maka Sulut jauh lebih siap,” ungkapnya.

Di sisi lain, Olly menambahkan selesainya naik bandara akan menarik terhadap pertumbuhan ekonomi Sulut.

“Lihat saja selagi ada virus Corona, dan kunjungan turis Cina sudah kita hentikan sejak tanggal 21 Februari lalu, tetapi tingkat kunjungan masih tetap bergairah. Hanya sekian persen saja berkurang,” tambahnya.

Menarik, terkait dengan komitmen dan kesiapan bandara, Olly memberikan apresiasi kepada GM Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, Minggus Gandeguai yang terbilang cocok dalam upaya virus Corona.

“Pak GM Bandara Sam Ratulangi, sangat tanggap di bandara, yang setuju pada prosedur tetap. Kinerja Pak GM sangat baik, membuka pintu keluar untuk turis Cina,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Teknik AP I Lukman F Laisa mengatakan luasan terminal Bandara Sam Ratulangi Penghasilan kena pajak dilakukan e x sisting akan Menjadi 57,296 M2 Dari sebelumnya 26,481 M2.

Mencari Google Artikel demikian Terdapat peningkatan Kapasitas Penumpang Dari Kondisi eksisiting Yang Hanya Mampu menampung 2,6 juta pax per Tahun akan Menjadi 5,7 juta pax per Tahun.

“Bandara ini akan menyediakan fasilitas Modern fix bridge jadi 5 unit ditambah 350 parkir jadi 650 untuk roda empat dan 700-an roda dua,” tukasnya sambil menambahkan pekerjaan yang diperoleh bandara akan didukung oleh tenaga kerja andal.

Direktur Operasional I PT Adhi Karya, Budhi Sadewa Sadhiro menyampaikan apresiasi kepada AP I Bandara Sam Ratulangi,

“Terima kasih atas kepercayaan AP 1 kepada PT Adhi Karya untuk mengerjakan proyek monumental. Kami optimis dapat menyelesaikan pekerjaan tepat pada 27 Oktober 2020 nanti. Mudah-diharapkan dapat dimanfaatkan pada liburan Natal,”katanya.

Dia juga mengatakan bandara akan menarik dengan ornamen dengan ciri khas budaya Minahasa.

“Supaya kalau orang datang benar-benar datang ke Sulut. Apalagi menyongsong berbagai iven nasional dan internasional, maka akan melambungkan citra Sulut,”katanya.

Pada kesempatan yang sama, GM AP I Bandara Sam Ratulangi Minggus Gandeguai mengatakan dengan dimulainya pekerjaan proyek maka pada bulan Desember, bandara akan tampil dengan wajah baru.

“Pada Desember nanti bandar sudah bisa digunakan para pengguna jasa khusus masyarakat Sulut,” tandasnya.

Minggus berharap dukungan dari seluruh pihak agar proyek dapat memenangkan kebanggaan masyarakat Sulut dapat berjalan dengan mudah dan selesai pada waktu yang telah ditentukan.

“Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Sulut agar proyek ini dapat dilakukan dengan mudah dan selesai sesuai target yang telah ditetapkan sehingga menjadi hadiah Natal bagi seluruh masyarakat Sulawesi Utara. Kami mohon maaf jika selama proses pembangunan akan dilakukan kekurangnyamanan.
Namun kami berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengguna jasa,”ucapnya.

Turut hadir, jajaran PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku pelaksana proyek, PT Penta Rekayasa selaku Konsultan Perencana, PT Artefak Arkindo selaku Konsultan Manajemen Konstruksi, serta seluruh jajaran pejabat Bandara Sam Ratulangi Manado.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s