Minahasa

Pemkab Minahasa Siapkan 11 Miliar Tangkal Virus Corona

MINAHASA – Virus Corona atau Covid 19 lagi viral di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Minahasa. Untuk itu, berbagai langkah antisipasi telah di ambil Pemerintah untuk mencegah penyakit mematikan tersebut. Hal ini dibenarkan Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) saat di wawancarai sejumlah wartawan, usai Sertijab Sekda Minahasa di ruang sidang, Selasa (17/3/2020).

Dikatakan Bupati ROR, langkah-langkah yang diambil Pemkab Minahasa untuk pencegahan virus corona baru sebatas instruksi waktu lalu, kepada seluruh kepala-kepala SKPD termasuk camat, Lurah/Kumtua, agar menyiapkan hand sanitizer di kantor yang dia pimpin. Selain itu, anggaran dibutuhkan Rumah Sakit dan Puskesmas sekarang ini telah di persiapkan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan bapak Gubernur terkait revisi anggaran untuk menghambat penyebaran Virus Corona, sudah ada payung anggarannya. Dan besaran yang telah di susun oleh tim berkisar 11 Miliar,”ungkapnya.

Selain itu, Pemkab Minahasa juga akan mempersiapkan peralatan kesehatan berupa Hepafilter, alat ini gunanya untuk menetarlkan ruangan isolasi. Alat kesehatan lain seperti sprayer, alkohol yang sudah di campur sesuai kebutuhan kesehatan, juga telah di atur pemerintah.

“Untuk peralatan kesehatan di Rumah Sakit dan Puskesmas telah disiapkan. Seperti RSU Samrat Tondano, kami telah mengupayakan 6-10 tempat tidur untuk pasien terduga terkena virus Corona. Begitu juga 23 Puskesmas di Minahasa, 8 diantaranya bisa rawat inap dan di sediakan satu ruang isolasi,”pungkas ROR. (Christian T)

 

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s