Ekonomi & Bisnis

Sepakat!!! Pemkab Sangihe-BPJamsostek Lindungi 1.000 Pekerja Informal

SULUTNEWSTV.com, SANGIHE – Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Manado terus berupaya meningkatkan kepesertaan dari sektor informal.

Kali ini, BPJamsostek Cabang Manado sepakat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk memberikan perlindungan kepada 1.000 peserta bukan penerima upah atau pekerja informal, di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Hal itu ditandai saat Kepala BPJamsostek Cabang Manado Hendrayanto dan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) di rumah dinas Bupati Sangihe, Tona, Tahuna, Rabu(15/4), kemarin.

Kepala Cabang melalui Kepala Bidang Adi Safa menyebut pembiayaan premi Jamsostek bagi ribuan pekerja informal ditanggung oleh Pemkab Sangihe. Disebutkannya pula, anggarannya diatur dala APBD.

“Peserta akan dilindungi oleh dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Dimana, saat ini manfaat JKK dan JKM bertambah. Kini, manfaat JKK sangat lengkap, diantaranya jika peserta mengalami kecelakaan kerja dan tidak dapat bekerja untuk sementara waktu, BPJamsostek akan membayarkan 100 persen gajinya untuk 12 bulan, dan seterusnya sebesar 50 persen hingga sembuh,” jelasnya.

Peserta meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap akibat pekerjaannya, maka ahli waris akan mendapatkan santunan JKK sebesar 48 kali upah yang dilaporkan.

“Selain itu jika peserta meninggal dunia di luar kecelakaan kerja, ahli warisnya akan mendapatkan manfaat program JKM, berupa santunan Rp 42 juta dan beasiswa maksimal sebesar Rp 174 juta untuk 2 orang anak,” tutupnya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s