Minahasa

Siapkan Lahan Pekuburan Covid-19, ROR RD Apresiasi Respon Positif Gubernur OD

Minahasa – Langkah antisipasi Pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan Dr.Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Dr.Robby Dondokambey, SSi (ROR-RD) dalam rangka menyiapkan lahan pemakaman Jenasah Covid 19 di Kabupaten Minahasa, dimana salah satu lokasi yang diusulkan adalah Lahan Pemprov Sulut di Kalasey, disambut Positif Pemerintah Provinsi.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Sekprov Edwin Silangen telah mengundang Bupati Minahasa (ROR), Asisten I Minahasa Dr. Denny Mangala dan Camat Mandolang untuk membahas lahan pemakaman dan bahkan selesai pertemuan Gubernur OD langsung menugaskan Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulawesi Utara Drs. Edison Humiang bersama Kadis Permukiman Sulawesi Utara didampingi Kepala Desa Kalasey 2 dan perangkat telah melakukan peninjauan lapangan dilahan Pemprov yang akan dihibahkan ke Pemda Minahasa tuk dijadikan lokasi pemakaman Covid 19.

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Minahasa menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur Olly Dondokambey SE dan Steven Kandouw yang telah memberikan dukungan melalui hiban lahan Pemprov untuk lokasi Pemakaman di wilayah Kalasey, tetapi juga kita berdoa bersama semoga tidak ada lagi yang meninggal akibat Covid 19 di Minahasa, maka lahan pemakaman dimaksud akan dijadikan Tempat Pemakaman Umum untuk wilayah Tateli Raya, Calasey Raya dan Sea Raya dan bahkan penduduk Daerah sekitar yang sulit memperoleh lahan Pemakaman,” ungkap Bupati ROR melalui Jubir Satgas Covid-19 Dr. Denny Mangala, kepada media ini Sabtu (2/5/2020)

Lanjutnya, bahwa lahan pemakaman dimaksud akan diupayakan untuk tetap mempertimbangkan jarak dengan pemukiman warga Kalasey yang ada saat ini dan rencana pengembangan pemukiman kedepan. Disamping itu, lokasi Tempat Pemakaman tersebut akan ditata sedemikian rupa agar tetap kelihatan Rapi dan Indah dan mengikuti Tata Pemakaman Modern. “Dalam lokasi pemakaman tersebut akan dibuatkan jalan minimal 9 Meter dilengkapi dengan akses jalan di masing masing blok.

Namun demikian, Mangala yang juga sebagai Asisten I Setdakab Minahasa menambahkan, bahwa Bupati ROR berharap agar masyarakat Minahasa tetap mematuhi himbauan pemerintah untuk tetap jaga jarak (Social Distancing maupun Phsical distancing), tetap membiasakan cuci tangan, jaga kesehatan, serta tidak bepergian untuk urusan urusan yang tidak penting dan mendesak dan tidak mengunjungi wilayah wilayah Zona Merah Penyebaran Covid 19.

“Demikian halnya, ROR berharap agar semua masyarakat Minahasa senantiasa berdoa dan bahkan ada yang terpanggil berpuasa untuk tetap memohon kepada Tuhan agar situasi ini cepat berlalu dan kiranya Tuhan dapat melindungi Minahasa dan Sulawesi Utara dari Penyebaran Covid 19,” tutupnya. (Christian Tangkere)

Categories: Minahasa

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s