Wabup Legi Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

MITRA – Pemkab Minahasa Tenggara telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) memakai Virtual Account (VA) tanpa ada potongan dari Bank pada akhir pekan lalu.

Penyaluran tersebut dilaksanakan di Sport Hall secara simbolis diberikan di dua desa yaitu, desa Wioi dan desa Wioi Satu oleh Wakil Bupati Drs Jocke Legi di saksikan Sekertaris Daerah (Sekda) David Lalandos, Asisten 1 Janny Rolos, Kadis PMD Mitra Royke Lumingkewas, Camat Ratahan Timur Decky Siwi, Kepala Pimpinan Bank SulutGo Novly Kilanta, serta para Hukum Tua Desa Wioi Satu Kariani Kolinug, dan Hukum Tua Wioi Noli Powa.

Wakil Bupati Drs Jocke Legi mengatakan, ditengah pademi Covid-19 di Kabupaten Mitra sampai saat ini, belum di temukan yang positiv Covid-19. Tetapi dampak dari virus ini, berdampak bagi semua. Termasuk di 135 Desa dan 9 Kelurahan yang ada di Kabupaten Mitra, karena itu langkah Pemkab Mitra dalam perubahan APBDes, di khususkan anggaran untuk, pencegahan dan penanggulangan Covid-19 berupa Padat Karya Tunai (PKT) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD).

“Pemkab Mitra tetap menggunakan Protokol Kesehatan, dengan jaga jarak, minimal 2 meter. Serta masyarakatpun tetap memiliki penghasilan lewat pekerjaan yang ada di desa, begitu juga bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan di sebabkan Covid-19 ini. Memang layak mendapat bantuan,”ujar Wabup.

Dikatakan Wabup, Sampai saat ini belum terdata serta yang belum mendapat bantuan PKH, bahkan bantuan manfaat lainnya yang di data di Dinas Sosial Kabupaten Mitra akan mendapat bantuan.

“Jadi penerima manfaat ini, tidak ada yang double. Siapa sudah mendapatkan bantuan BLTDD, sudah tidak bisa lagi mendapatkan bantuan PKH. Saya ingatkan lagi, jangan beranggapan bahwa setelah mendapatkan BLTDD akan mendapatkan PKH,” tegasnya.

Dikatakannya, bagi para penerima yang benar-benar membutuhkan dan dianggap layak. Itu sudah sesuai kriteria yang ditetapkan, bahkan sudah disetujui oleh Musyawarah Desa dan penetapan kepala keluarga penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang disahkan oleh Bupati Mitra. Diwakilkan kepada, kepala Kecamatan masing-masing. Penerimaan BLTDD sendiri di terima selama 3 bulan April, Mei, Juni. Serta per Keluarga diberikan 600 ribu, jadi selama 3 bulan per Keluarga akan menerima sebesar 1,8 juta.

“Dengan besaran anggaran yang ada, agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terus karena sudah terima bantuan sudah belanja yang tidak terlalu penting, sementara masa pademi Covid-19 bapak dan ibu harus mengunakan dana tersebut sebaik-baiknya,”urainya.

Wabup Legi menambahkan, besaran Dana Desa yang di persiapkan oleh Pemerintah Kabupaten sebesar 28 Milyar. Dengan ketentuan, dipergunakan sesuai jumlah penduduk yang layak dibantu. Namun dana tersebut, tidak harus dihabiskan. Bahkan kalau ada sisa, akan di kembalikan untuk kegiatan lainnya.

“selesainya pademi Covid-19 Masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan, lewat pembangunan fisik yang ada di desa. Bahkan penyaluran BLTDD akan di cairkan secara non tunai, buka rekening di Bank SulutGo di 3 cabang pembantu. Diantaranya Belang, dan ada di Silian serta yang ada di Kantor Bupati. Sehingga masyarakat tinggal mengambil di 3 kantor Kas Bank SulutGo tentu dengan membawah KTP, “tutur Wabup.

Ditegaskan Legi, BLT DD ini tidak di pungut biaya serta pembukaan rekening tidak ada sama sekali dipunggut biaya. Dalam artian, penerima BLTDD bersih menerima uang Rp 600 ribu tampa ada potongan.

“pemerintah berharap kepada penerima bantuan BLTDD, jika ada yang meminta biaya segera di laporkan. Semunya ini tidak ada potongan sama,” tutup Wabup. (Baim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s