Minahasa

Dipimpin Glady Kandouw, DPRD Minahasa Gelar Paripurna Penetapan LKPJ Kepala Daerah TA 2019

Minahasa – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Selasa (19/05/2020) menggelar Rapat Paripurna Penetapan Laporan Keterangan Peratanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2019. Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Glady Kandouw, didampingi Wakil Ketua Stacy Runtu dan Denny Kalangi.

Pelaksanaan rapat paripurna ini digelar secara online dengan pemerintah kabupaten yang diikuti oleh Bupati Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM Sekretaris Daerah Fits Muntu, S.Sos bersama jajaran pemerintahan daerah. Diawali dengan pembacaan surat masuk oleh Sekretaris DPRD Drs. Dolfie Kuron, MBA, STh, dengan menggunakan video converence (Vicon), pelaksanaan rapat paripurna ini berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapan pelaksanaanya.

Pada kesempatan itu Glady Kandouw mengatasnamakan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Minahasa menyampaikan apresiasi kepada Bupati Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM yang telah menyerahkan bantuan pangan non tunai dan bantuan langsung tunai kepada masyarakat yang terdampak covid-19 di kabupaten Minahasa.

“Atas nama Pimpinan dan anggota DPRD mengapresiasi pula kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa atas perhatian dan kepedulian memberikan bantuan sembako kepada mahasiswa yang berasal dari luar daerah yang tidak bisa pulang kampung akibat dampak covid-19. Termasuk pemberian beras kepada saudara-saudara kita umat muslim kaum dhuafa di kabupaten minahasa.,” ucap Kandouw.

Paripurna penetapan LKPJ sekwan kuron

Sekretaris DPRD Drs. Dolfie Kuron saat membacakan surat dalam Rapat Paripurna LKPJ kepla daerah TA 2019

Pembahasan LKPJ kepala daerah tahun anggaran 2019 dimulai sejak penyampaian Bupati dalam rapat paripurana pada tangga 28 april 2020 yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan panitia khusus sebagai Ketua Pansus LKPJ Bpk. Drs. Robby Longkutoy MM selanjutnya dilakukan pembahasan oleh pansus LKPJ baik dalam rapat internal, rapat bersama exekutif maupun kegitan turun lapangan.

“Berdasarkan laporan hasil pembahasan pansus terhadap LKPJ kepala daerah TA 2019, maka akan ditindaklanjuti dengan menetapkan keputusan DPRD untuk disampaikan kepada kepala daerah sebagai rekomendasi untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan, berupa catatan catatan strategis yang beisikan saran, masukan dan koreksi terhadap penyelenggaran urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan,” Jelas Ketua Dewan.

Secara keseluruhan fraksi DPRD Kabupaten Minahasa menerima LKPJ 2019 untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah sebagai acuan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang ada. Koreksi dan masukan dari Pansus menjadi acuan Pemerintah Kabupaten dalam melakukan perbaikan peyelenggaraan pemerintahan demi menuju visi dan misi Kabupaten Minahasa kedepan.

Paripurna penetapan LKPJ minahasa vicon

 Rapat Paripurna Penetapan Laporan Keterangan Peratanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2019 melalui video konference

Dalam sambutannya Bupati ROR mengatakan bahwa menjadi kewajiban kami baik secara moral maupun konstitusional selaku Kepala Daerah untuk mempertanggungjawabkan amanah rakyat Minahasa yang dipercayakan kepada kami, guna diaktualisasikan dalam pembangunan,” Kata Bupati ROR sapaan akrabnya dalam sambutan.

Dijelaskannya pulan Pola pertanggungjawaban ini sangat penting dalam kerangka membangun komunikasi yang efektif dan konstruktif dengan masyarakat minahasa yang dipresentasikan oleh lembaga yang terhormat ini.

” Hari ini kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas apa yang telah dilakukan, khususnya oleh Pansus LKPJ baik dari pembahasan hingga pencapaian keputusan DPRD dan rekomendasi. Apa yang telah direkomendasikan oleh Pansus akan kami tindak lanjuti, agar komitmen dan tekad kami untuk memberikan nilai tambah positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pembangunan yang berpusat pada masyarakat dapat terwujud,” Jelasnya.

Namun disadari Lanjut Bupati, pembangunan bukanlah sesuatu yang langsung tersedia, tetapi memerlukan upaya dan kerja keras secara terencana, konsisten dan continue. Disamping itu pembangunan ada yang sifatnya investasi dan ada yang langsung dirasakan masyarakat dan hal ini perlu disampaikan agar kita tidak terjebak pada penilaian yang tidak memiliki parameter yang jelas.

” Kita menyadari tantangan kedepan semakin berat dan kompleks terutama dengan upaya untuk melawan kemiskinan dan keterbelakangan. Arah pembangunan akan terfokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat,” Paparnya. (Christian Tangkere)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s