Minahasa

Kantongi 105 Kasus, Dinkes Minahasa Konsisten Tangani DBD

MINAHASA – Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa per tanggal awal Juni 2020, jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) ada sebanyak 105. Dari jumlah itu, ada dua warga yang telah meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Karena itu Dinkes tetap konsisten dalam pencegahan demam berdarah.

“Sejak Januari sampai 3 Juni 2020 sudah ada 105 kasus, 2 diantaranya telah meninggal dunia. Jadi lami akan yerus konsisten dalam penanganan demam berdarah,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr. Maya Rambitan MKes.

Lanjutnya bahwa dalam jumlah tersebut, kasus terbanyak terjadi di wilayah Tondano. Oleh karena itu saat ini Dinkes Minahasa terus melakukan berbagai upaya guna pencegahan bertambahnya warga yang terserang DBD.

“Langkah yang diambil diantaranya melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal bahaya dan pencegahan penyakit tersebut. Selain itu pula dilakukan penyelidikan olem tim dari Dinkes,” kata Rambitan.

Nantinya dikatakan Rambitan, hasil penyelidikan itu akan dijadikan acuan pihaknya dalam mengambil langkah. Seperti halnya melakukan fogging atau pengasapan.

Rambitan juga menghimbau kepada seluruh warga untuk memperhatikan beberapa hal terkait. Yakni agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Tentunya juga melakukan upaya pencegahan melalui gerakan mengurangi atau memberantas sarang nyamuk. Caranya adalah dengan melakukan program 3M, yakni Menguras, Menutup dan Mengubur semua tempat atau bahan yang berpotensi jadi sarang nyamuk,” paparnya.

Karena dijelaskan Rambitan bahwa perkembangbiakan nyamuk DBD sangat cepat. Sehingga langkah cepat untuk antisipasi pun harus dilakukan warga. Selain itu dikatakannya bahwa biasanya nyamuk ades aegypti beraktivitas pada pagi dan sore hari.
“Jika telah mengalami gelaja DBD segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat seperti Puskesmas,” pungkas Rambitan. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s