Minahasa

ODSK Tinjau Lokasi Pembersihan Eceng Gondok di Danau Tondano

Sulutnewstv.com, Tondano – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) terus berupaya membantu Pemkab Minahasa dalam menangani permasalahan gulma eceng gondok di danau Tondano.

Gubernur Olly mengatakan pembersihan eceng gondok di danau Tondano ini proses pengerjaannya  masih sementara berlangsung dan harus segera tuntas pada bulan Desember sesuai target kita.

“Setelah saya melakukan peninjauan secara langsung ternyata program Pemprov dan Pemkab Minahasa untuk penanganan eceng gondok sudah benar-benar selaras. Sinergitas itu penting dalam upaya percepatan penanganan gulma eceng gondok walaupun ditengah pandemi covid 19 ini. Mudah-mudahan target kita pada bulan Desember 2020 nanti danau Tondano sudah bebas dari eceng gondok,” kata Gubernur Olly didampingi Wagub Steven.

gubernur wagub dan bupati minahasa eceng gondok

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw serta Bupati Minahasa Royke octavian Roring didampingi Kepala Dinas PUPR Sulut, Adolf Tamengkel meninjau langsung lokasi pengangkatan eceng gondok di danau tondano

Lanjut orang nomor satu Sulut itu mengajak kepada seluruh masyarakat untuk saling bahu membahu dalam penanganan dan membersihkan eceng gondok.

“Walaupun sudah dilakukan penbersihan namun pertumbuhan gulma eceng gondok sangat cepat menyebar. Untuk itu saya berharap peran serta masyarakat sangat penting untuk mendukung pembersihan eceng gondok tersebut,” kata Gubernur Olly.

Sementara itu Plt Kepala Dinas PUPR Sulut, Adolf Tamengkel saat mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut membeberkan bahwa pekerjaan pembersihan eceng gondok pada Bulan Februari – Maret di seputaran Moi penanganan mencapai kurang lebih 40ha. Dan untuk pekerjaan Bulan  Maret – Mei di area Kaweng-Kakas penanganannya sudah mencapai kurang lebih 65 ha. Sedangkan untuk Bulan Juni ini mulai penanganan daerah Watulambot – Tolour.

Diketahui sampai saat ini untuk pengangkatan/penanganan gulma eceng gondok yang dilakukan oleh Dinas PUPR Sulut sudah mencapai kurang lebih 100 hektar. Adapun alat sejumlah berat yang diturunkan meliputi 2 exavator, 2 Ponton dan 2 truxor dan awal tahun ini ketambahan 5 Long Arm untuk membantu operasional penanggulangan Eceng Gondok.

Turut mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut,  Bupati Minahasa Royke Roring, Plt Kadis PUPR Sulut Adolf Tamengkel dan jajaran Pejabat Pemkab Minahasa. (CT/GR)

Categories: Minahasa, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s