Minahasa

ROR RD Bersama Forkopimda Bahas Isu Terkini di Minahasa

Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU, Asean. Eng, dan Wakil Bupati Minahasa Dr. (Hc).Robby Dondokambey, S.Si, MM memimpin langsung Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Senin, 15 Juni 2020, di Rumah Dinas Bupati Minahasa. Rapat ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan tetap mengatur jarak tempat duduk, dan semua yang hadir dalam rapat menggunakan masker.

Diawal prakata, Bupati Minahasa berterima kasih kepada rekan-rekan forkopimda karena telah menopang program-program pemerintah dalam rangka penanganan pandemi covid-19 di Kab. Minahasa. Rapat kali ini adalah membahas isu-isu strategis yang ada dalam masyarakat. Pertama menindak lanjuti masalah Rombe atau Makawembeng, persoalan Tanah Kelelondey, Rencana Pelaksanaan TMMD yang akan di mulai tanggal 30 Juni sampai pada tanggal 29 Juli nanti, Evaluasi dalam Rangka Penanganan Covid-19 di Kab. Minahasa, dan Membahas tentang pelaksanaan Ibadah di rumah rumah ibadah di Kabupaten Minahasa, serta membahas tentang evaluasi penanganan Eceng Gondok di Danau Tondano.

rapat forkopimdaa minahasa

Rapat Forkopimda Kabupaten Minahasa

Hal penting dalam rapat tersebut antara lain bahwa Forkopimda Minahasa mengharapkan agar semua pihak yang terkait dengan pemasalahan tanah baik di Rombe maupun Kelelondey agar tetap menahan diri dan tidak melakukan hal hal yang melanggar hukum. “Khusus masalah tanah di Rombe yang telah menimbulkan korban jiwa, saya mengharapkan agar masyarakat yang melaksanakan aktifitas perkebunan di lokasi tersebut untuk tetal tenang karena Pemetintah Kabupaten bersama Forkopimda akan berupaya menyelesaikan masalah ini,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati Minahasa menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam akan peristiwa tersebut sekaligus atas nama Pemerintah dan Rakyat Minahasa menyampaikan turut berduka cita yang sedalam dalamnya bagi keluarga Korban. Demikian halnya Forkopimda Minahasa memintakan agar warga masyarakat Minahasa tidak terprovokasi dengan berbagai isue yang tidak bertanggung jawab. “Mari kedepankan nilai nilai kearifan lokal yaitu Maesa esaan, malinga lingaan dan maleos leosan,” pintanya,

Terkait dengan langkah upaya penanganan Covid 19 akan dapat diefektifkan untuk menekan penyebaran Covid 19 dan bahkan akan terus mengedukasi masyarakat bahwa kunci memutus mata rantai penyebaran Covid ini adalah masyarakat itu sendiri dengan membemtengi diri melalui perilaku hidup sehat, jaga jarak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan serta berolah raga. Memyangkut penanganan enceng gondok, Bupati ROR mengharapkan agar kegiatan Lu Meos In Lour Toundano tidak berhenti karena Covid 19, tetapi tetap dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol Kesehatan.

 
Hadir dalam rapat ini Ketua DPRD Kab. Minahasa Glady Kandouw, SE, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Slamet Raharjo, S.Sos, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani, SH, M.Kn, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Kepala Kantor Pertanahan Kab. Minahasa Alex Wowiling , Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Kab. Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si, Kaban Kesbangpol Ir. Jani Moniung. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s