Minahasa

Tiga Kandidat Bersaing Rebut Rektor Unima

MINAHASA – Melalui Sidang Senat Terbuka dilakukan penyaringan tiga nama kandidat Calon Rektor (Carek) Universitas Negeri Manado (Unima), Kamis (2/7).

Ketiga nama yang memperoleh suara terbanyak adalah Prof Dr Revolson Mege MS, Prof Dr Deitje Katuuk MPd dan Prof Dr Rudi A Repi MPd MSc. Dimana dalam perolehan suara, Mege unggul dengan raihan 25 suara. Sedangkan Katuuk 18 suara dan Repi 6 suara. Sehingga ketiganya secara otomatis akan ikut dalam pertarungan tahap berikut.

Sementara suara lainnya diraih Dr Recky Sendouw 4 suara, Prof Dr Arie F Kawulur 3 suara, Dr Anetha LF Tilaar 2 suara serta Dr Rymond Rumampuk 1 suara. Sedangkan 1 suara dari total 60 angggota senat dinyatakan rusak.
“Yang ikut dalam pemiliki 10 calon dari 11 yang sebelumnya 1 telah menyatakan mundur, yakni Prof Juleyta PA Runtuwene,” kata Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Prof Dr Ruddy Pakasi MPd kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Lanjutnya, hasil itu akan diserahkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (3/7) hari ini. Setelah itu baru akan dilaksanakan pemilihan lanjutan untuk menentukan siapa Rektor Unima terpilih nantinya.

“Kami rencanakan pemilihan itu akan dilaksanakan 27 Juli 2020 nanti. Tapi waktunya bisa saja tentatif karena harus menunggu jadwal dari Kementerian, apalagi Menteri memiliki hak suara 35 persen dari total keseluruhan,” pungkasnya.

Soal apakah nanti pemilihan tahap akhir akan dilaksanakan secara virtual atau langsung, Pakasi belum memastikannya.
Selain itu dikatakannya bahwa sebelum dilakukan penyaringan tiga nama. Telah dilaksanakan penyampaian visi dan misi dihadapan rapat senat.

Sementara itu sekedar diketahui selain nama-nama kandidat diatas. Ada pula nama lain yang ikut dalam pencalonan yakni Dr Justien Wuisang, Prof Dr Treesje Londa dan Dr Jeffry Lengkong. Namun dalam penyaringan yang dipimpin Rektor yang juga Ketua Senat Universitas, ketiganya tak memperoleh suara. (CT)

Categories: Minahasa, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s