Minahasa Tenggara

Antisipasi Gagal Panen, Distan Mitra Intens Pantau Poduktifitas Pertanian

MITRA, Sulutnewstv.com-Kabupaten Minahasa Tenggara rata rata merupakan daerah penghasil pertanian dengan data presentase sekitar 70 % pengembang produktifitas. Namun produksi ini kemudian meningkat seiring dihadapkannya Pandemi Covid-19. Mengantisipasi apabila terjadi gagal panen, pemkab berupaya melakukan pencegahan dengan intens mengkoordinir pengaruh perkembangan pertumbuhan kepada para petani.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Dra Johana Untuh mengatakan, pihaknya hingga penyuluh lapangan secara langsung melakukan pemantauan pertanian, apalagi jika ada laporan dari petani terkait hal-hal yang memicu kerusakan tanaman.

” Memang saat ini produktifitas pertanian meningkat, karena itu kami selalu berkoordinasi dengan para petani apa saja kendala pertumbuhannya, apakah terkena virus ataupun diserang hama dan lain sebagainya dengan memantau aktifitas pertumbuhan tanaman para petani,” kata untuh diruangannya Senin, (06/07).

Diakuinya, Penerapan secara langsung ini memang sudah tersistem, baik ada kendala laporan dari petani ataupun tidak, pihaknya tetap action menindaklanjutinya.

Kendati demikian menurutnya, hal yang menjadi kegagalan waktu panen biasanya akibat serangan hama tumbuhan atau terkadang petani yang kemungkinan tidak melakukan tindakan tepat terhadap tanaman mereka.

Oleh karenanya, petani diharapkan selalu melaporkan apabila ada tanaman yang terkendala kepada petugas Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di kecamatan masing-masing tempat petani itu tinggal.

” Diharapkan kepada petani untuk melaporkan jika ada kendala tanaman, sedangkan nda melapor torang pigi cek, apalagi kalu ngoni(petani-red) ada melapor pasti akan ditindaklanjuti,” pungkasnya. (BAIM)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s