Minahasa

Kunker Mendagri di Sulut, Sekda Frits Muntu Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada

Minahasa – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R. Muntu, S.Sos hadiri Rapat Koordinasi ( Rakor) Kesiapan Pilkada serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid 19 di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis, (16/07) yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey serta diikuti forkopimda, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen, Bupati/Wali kota se Sulut dan ketua KPU dan Bawaslu se Sulut.

Kegiatan Kunjungan Kerja Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian digelar di Kantor Gubernur Sulut sekitar pukul 19.00 WITA dengan menerapkan protokol Covid 19.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan Covid-19 tidak bisa hanya bicara soal kesehatan. Harus menyeluruh bicara kesehatan, sosial dan perekonomian. “Saya tahu cara membuat ekonomi hidup, tapi saya tidak tahu membuat orang mati hidup kembali,” ungkapnya.

Menurut Menteri, tanpa ekonomi lama kelamaan pemerintah akan lemah menangani kesehatan. “Jika ekonomi jatuh maka negara tidak akan mampu membuat kesehatan meningkat, membuat karantina, membuat rapid tes, PCR sebanyak banyaknya semua tidak turun dari langit, tidak mungkin tanpa uang. Dampak sosial akan lebih sulit ditangani,” Jelasnya.

Namun Tinggal di rumah kata Mendagri menghindari Covid 19 pun bukan solusi malah akan melemahkan imun tubuh.

Dalam kegiatan itupula dibahas terkait Pilkada serentak dan meminta untuk ada dukungan penuh seluruh Stekholder Pilkada serentak 2020 agar berjalan Luber, Jurdil, aman dari Covid 19. ”Dimasa masa Pendaftaran bakal calon, diminta agar Kerumunan Sosial tidak terjadi apalagi yang biasanya membawa ramai-ramai konvoi tidak di perbolehkan, di batasi hanya Pendaftar saja dan beberapa orang Timnya dan yang lain hanya Virtual,” Ingatnya

Sementara pada hari pemilihan nanti Menteri meminta agar pelaksasa yakni KPU dan jajaran paling bawa dapat mematuhi protokol kesehatan. ”Untuk hari Pemilihan juga harus menyediakan tempat untuk mencuci tangan dengan sabun, dan menyediakn Handsanitizer serta memakai masker saat Pemilihan,” pungkasnya. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s