[VIDEO] Gerakan Percepatan Olah Tanam, Pemprov Sulut dan Minahasa siapkan sarana dan prasarana bagi petani

Minahasa – Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE bersama Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring MSi mengikuti Acara Gerakan Percepatan Olah Tanah, Jumat (24/7/2020) di Kompleks Perkebunan Tahawe, Desa Parepei, Kecamatan Remboken.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Prov. Sulut Ir Nouly Wowiling MSi, Pdt. Luky Rumopa, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Frits Muntu S.Sos, Camat Remboken Drs Joris Tumilantouw, Ketua Panitia Herry Warbung serta para perwakilan kelompok tani.

Bupati Minahasa Royke Roring atas nama Pemerintah dan Rakyat Kabupaten Minahasa menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Gubernur Sulut lewat kunjungan di kabupaten minahasa, dan boleh kembali bersama dengan dalam program menanam gerakan percepatan olah tanah di kecamatan remboken.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sulut di dampingi Bupati Minahasa memberikan bantuan yang di serahkan secara simbolis berupa bibit jagung, bibit bawang merah, serta bibit ikan bagi petani dan penyerahan simbolis APD kepada Camat remboken. Pemerintah Minahasa khususnya Kecamatan Remboken menyediakan 65 hektar lahan yang siap tanam yang tersebar di beberapa desa.

Sementara Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan bahwa sejak adanya covid 19 ini, ia mengajak seluruh masyarakat untuk kembali berkebun. Mempersiapkan lahan lahan tidur yang ada yang nanti pemerintah akan siapkan bibit, pupuk termasuk sumur bor.

“Seperti disini keluhan masyarakat kekurangan air karena ini lahan tadah hujan. Makanya saya sudah minta tadi untuk buat sumur bor lagi supaya ada suplay air,” kata Gubernur Olly.

Menurut Gubernur Olly, bertani itu yang paling penting bibit, air dan lahan, kalau tiga ini sudah menyatu tinggal menambambah orang yang rajin pasti akan berhasil. Pemerintah Provinsi Sulut dan Kabupaten khususnya Minahasa menjadi sarana prasarana penyiapan holtikultura bagi masyarakat Sulut. “Kita dorong terus agar supaya ketersediaan barito dan pangan lainnya bisa tersuplai di tengah kondisi krisis covid 19 ini,” jelasnya.

[Christian Tangkere]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s