Dipercaya Kelola Dana Rp 1 Triliun, Dendeng : Kita akan Fokus Pada Kredit Produktif

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Pemerintah pusat telah resmi menempatkan dana di 7 Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebesar Rp11 Triliun, guna mendorong ekonomi di daerah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional.

Salah satu bank daerah yang terpilih dan dipercayakan adalah PT Bank SulutGo (BSG) dengan penempatan dana sebesar Rp1 Triliun.

Direktur Utama BSG Jeffry Dendeng menyebut dana tersebut akan difokuskan pada penyaluran kredit produktif untuk sektor UMKM dan non-UMKM dari penempatan dana negara itu.

Tujuannya kata Dendeng, agar BSG dapat menunjang percepatan pemulihan dan menggerakkan perekonomian di daerah, serta mampu menyerap tenaga kerja, khususnya di Sulawesi Utara dan Gorontalo.

“Kita (BSG) akan fokus pada penyaluran kredit produktif untuk sektor UMKM maupun non-UMKM,” kata Dendeng kepada Sulut News TV, Selasa (28/7).

Dirinya pun mengungkapkan rasa bangga serta terimakasihnya kepada pemerintah yang telah menaruh kepercayaan kepada pihaknya untuk mengelola dana tersebut.

“BSG merupakan satu-satunya BPD di luar Pulau Jawa dan Bali yang menjadi penerima program. Tentunya, menjawab kepercayaan ini kami akan memanfaatkan dana ini semaksimal mungkin untuk mendorong sektor riil, ekonomi produktif di Sulut dan Gorontalo,” tandasnya sembari mengucap banyak terimakasih pula kepada pemerintah Provinsi Sulut Gubernur Olly Dondokambey.

Diketahui, pemerintah resmi menempatkan dana di Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebesar Rp11,5 triliun guna mendorong ekonomi di daerah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan dana yang ditempatkan pemerintah ini harus diekspansi hingga dua kali lipat dalam bentuk kredit.

Anggaran untuk penempatan dana tahap kedua untuk BPD adalah sebesar Rp20 triliun. Empat BPD sudah melakukan penandatanganan perjanjian kemitraan bersama dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Keempat BPD tersebut adalah Bank DKI dengan jumlah dana yang ditempatkan sebesar Rp2 triliun, Bank Jateng Rp2 triliun, Bank BJB Rp2,5 triliun, dan Bank Sulutgo Rp1 triliun.

Selain itu, Bank Jatim juga mendapatkan dana pemerintah sebesar Rp2 triliun. Dua BPD lainnya yaitu BPD Bali dan BPD DIY saat ini tengah dievaluasi untuk mendapatkan penempatan dana ini, dengan alokasi masing-masing sebesar Rp1 triliun.

Sehingga penempatan dana yang disediakan pada tahapan ini adalah sebesar Rp11,5 triliun.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s