Manado

Bersinergi Bangun Pertanian Sulut, BKP Kelas IA Manado Gelar Giat Keakraban Dengan Media

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Hasil produk pangan yang dihasilkan oleh aspek pertanian di Sulawesi Utara, beragam dan memiliki nilai jual yang baik. Sehingga, dikatakan Kepala Balai Karantina Pertanian (BKP) kelas IA Manado Donny Saragih pertanian di Sulut sangat hebat.

Sebagai Kepala balai yang kurang lebih 3 bulanan berada di bumi Nyiur Melambai, Saragih menyebut untuk menjaga produk pertanian sulut semakin unggul, perlu adanya keterlibatan semua instansi terkait termasuk juga para awak media.

“Untuk itulah, kami mengadakan kegiatan pertemuan ini. Dengan tujuan selain kita bersilahturahmi, tetapi juga membangun keakraban dan memaparkan apa-apa saja terkait pertanian kita yang sedang update sekarang ini,” ungkap Saragih, usai diwawancarai dalam giat Coffe Morning dengan tema ‘Bersama Media Membangun Pertanian Sulut’ di Rumah Makan Nettizen Road Blessing, Jumat (7/8).

Dikatakannya pula, kolaborasi SDM serta kerja sama dari semua stakeholder terkait dapat menghasilkan income yang positif, yang nantinya dapat semakin memajukan pertanian di Sulut.

“Saya masih cukup baru di Manado. Menjalin sinergitas yang baik dengan BKP Pererat Hubungan Bersama Media dan semua pihak, adalah esensi dari kegiatan ini. Agar nanti kita saling berbagi informasi seputar gambaran pertanian Sulut seperti apa, produk sampingannya seperti apa, dan bagaimana kontribusi komoditas pertanian terhadap peningkatan ekspor. Kiranya dengan pertemuan seperti ini, komunikasi akan semakin terbuka,” jelasnya.

Bahkan, kedepan dirinya berencana untuk mendatangkan investor dari luar, dan berpotensi untuk mengembanhkan ekspor produk sampingan hasil pertanian di Sulut.

“Nah, contohnya di beberapa Pulau Jawa. Produk yang diekspor tidak hanya sebatas komoditas pertanian itu sendiri tapi sudah sampai pada produk turunan dan sampingannya. Seperti sabut kelapa, air kelapa hingga briket. Jika di Sulut semua itu masih menjadi limbah, kami akan mencoba untuk menjadikannya sebagai sesuatu yang bernilai ekonomis dengan melibatkan Dinas Koperasi dan UKM. Karena harga kelapa sering fluktuatif, jadi jika produk sampingan ini mampu dikembangkan, kontribusinya pasti sangat baik,” tegasnya sembari menambah giat seperti ini akan secara rutin dilakukan.

Diketahui, dalam kegiatan ini hadir pula Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling, Kepala Dinas Perkebunan Sulut Refly Ngantung, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Edwin Kindangen Kepala BPTP Dr Steivie Karouw dan Kepala BALITPALMA Dr Ismail Maskromo, M.Si serta para awak media.(gabby)

Categories: Manado, Pemerintahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s