Ekonomi & Bisnis

Program BPUM Resmi Diluncurkan Jokowi, Simbolis BRI Salurkan Untuk 5 Pelaku UKM di Manado

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo secara resmi telah meluncurkan program Bapres Produktif Untuk Usaha Mikro (BPUM), Senin (24/8).

Peluncuran program untuk mensejahterakan pelaku usaha kecil ini dilakukan secara virtual yang diikuti oleh BRI se-Indonesia selaku bank penyalur.

Di Kantor Wilayah BRI Manado sendiri, penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 5 pelaku UKM di Manado oleh Pempimpin Wilayah Rudy Andimono didampingi Wakil Pemimpin Bidang Bisnis Made Surya Artana, Wakil Pemimpin Bidang Bisnis Redi Hartono dan Pemimpin Cabang BRI Manado Dekhi Ensya Permadi, di Gedung kantor BRI Lantai 4.

Dijelaskan Rudy, peluncuran program BPUM ini meliputi beberapa hal. Yakni, pertama dana Banpres Produktif diberikan hanya satu kali dalam bentuk uang sebesar Rp 2,4 juta kepada pelaku usaha mikro yang memenuhi kriteria tidak sedang menerima kredit atau pinjaman dari Bank dan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), Anggota TNI, Anggota Kepolisian, Pegawai BUMN atau Pegawai BUMD.

Kedua, Dana Banpres Produktif diberikan kepada pelaku Usaha Mikro untuk kegiatan produktif menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi COVID-19.

Istimewa

Ketiga, Dana Banpres Produktif disalurkan langsung ke rekening penerima BPUM di Bank penyalur dan selanjutnya dapat dicairkan di Bank Penyalur setelah penerima BPUM melengkapi dokumen serta divalidasi oleh petugas Bank. Bank BRI merupakan salah satu Bank yang ditunjuk sebagai Bank penyalur.

Keempat, kementerian Koperasi dan UKM RI bertanggung jawab penuh terhadap validasi data calon penerima bantuan yang diusulkan oleh lembaga pengusul BPUM meliputi Dinas Koperasi dan UKM provinsi dan kabupaten /kota, koperasi, perbankan dan perusahaan pembiayaan, atau lembaga penyalur Program Kredit pemerintah.

Dan kelima, apabila terdapat nasabah yang memiliki usaha tetapi tidak mempunyai pinjaman di BRI maupun Bank lain dan belum mendapatkan Banpres Produktif maka nasabah dapat diusulkan ke KemenkopUKM RI melalui lembaga pengusul mitra Kemenkop dan selanjutnya persetujuan akhir di Kementrian Koperasi & UKM RI.

“Terkait peluncuran program Bapres Produktif Untuk Usaha Mikro (BPUM), berpedoman pada Permenkop No. 6/2020,” tandasnya.

Diketahui, Penyaluran BPUM sebesar Rp2,4 juta mulai dicairkan sejak 17 Agustus 2020 untuk tahap awal penerima sebanyak 1 juta pelaku usaha mikro.

BPUM akan dicairkan secara bertahap untuk 12 juta penerima secara total. Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Manado Innov Walelan.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s