Ekonomi & Bisnis

89 Pedagang Gorengan, Dilatih Alfamidi dan IDF-MUI

SULUTNEWSTV.com, MANADO– Sebanyak 89 penerima manfaat pedagang penerima manfaat gerobak gorengan, mendapat pelatihan penjualan oleh Alfamidi dan Islamic Devolepment Fund Majelis Ulama Indonesia (IDF-MUI), Agustus 2020 bulan kemarin.

Ke 89 penerima manfaat tersebut merupakan hasil pencarian tim Alfamidi dan tim IDF-MUI. Sedangkan gerobak gorengan tersebut hasil dari donasi konsumen Alfamidi yang dikelola IDF-MUI.

Corporate Communication Manager Alfamidi Arif L. Nursandi mengatakan setelah mendapatkan pedagang penerima gerobak gorengan, kini Alfamidi dan IDF-MUI membekali pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) cara pengelolaan usaha.

“Alfamidi dan IDF-MUI tidak hanya memberi bantuan gerobak gorengan, tetapi juga memberi pelatihan manajemen dagang, karena ini hal penting untuk pengelolaan usaha,” ujar Arif.

Menurut Arif, pelatihan tersebut diharapkan dapat memperkuat usaha gorengan. Sehingga bisa menjamin keberlangsungan usaha di bidang kuliner, apalagi menghadapi pandemi Covid-19.

“Tentu para pedagang akan dibekali strategi bisnis yang mumpuni supaya usahanya bisa berkembang,” paparnya.

Tidak hanya memberi pelatihan, masing-masing pelaku usaha juga mendapat bantuan modal sebesar Rp300.000. Serta pendampingan selama empat bulan.

Menariknya, saat mulai berjualan, pelaku usaha akan mendapat gratis biaya sewa tenant di Alfamidi pada bulan pertama. Selanjutnya di bulan ke-2 hingga ke-4, akan mendapatkan diskon harga mulai dari 75%, 50%, dan 25%.

Diketahui, gerobak yang diberikan adalah gerobak yang di desain modern. Bahkan sudah dilengkapi peralatan memasak.

“Jadi komplit ya, bukan hanya gerobak tapi di dalamnya sudah ada perlengkapan seperti wajan, sendok, tabung gas dan regulator, serta kaki plat besi untuk pengorengan,” tuturnya.

Nantinya, gerobak gorengan itu akan ditempatkan di depan gerai Alfamidi. Keuntungan berjualan di Alfamidi, karena tokonya terletak di lokasi yang strategis. Bahkan dengan rata-rata 400 orang belanja per hari bisa menjadi pangsa pasar tersendiri bagi usaha gerobak gorengan.

Apalagi biaya sewa tenantnya cukup terjangkau. Di samping itu, pelaku usaha tidak perlu khawatir memikirkan nama produk, lantaran sudah ada merek Alfamidi yang sudah dikenal banyak orang.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s