Manado

Sangsi Pidana Hukuman Penjara Bagi Paslon Pilkada Yang Abaikan Pelaporan Dana Kampanye

Manado – Ketua Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara Meidy Tinangon mengatakan pasangan calon yang ikut dalam pemilihan kepala daerah yang didapati mengabaikan pelaporan Dana Kampanye bakal dikenakan sangsi sesuai Undang-undang.

” Pasal 187 ayat 8 UU 1/2015 mengatakan Calon yang menerima sumbangan dana Kampanye dan tidak melaporkan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dan/atau tidak menyetorkan ke kas negara, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 12 (dua belas) bulan dan paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan dan denda sebanyak 3 (tiga),” Jelas Tinagon.

Sementara Komisioner Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Provinsi Sulawesi Utara ( Sulut) Yessi Momongan,S.Th menyampaikan ada tiga pokok penting harus diperhatikan dan wajib dilakukan para calon dalam pilkada ini.

“Yakni Dana Kampanye berupa Uang yang didapat dari Pasangan Calon maupun Partai Politik Pendukung Pengusul dan dalam dana kampanye itu wajib dimasukan rekening kusus dana kampanye. Jadi Setelah Mendaftar wajib memproses rekening ini, yang kedua Barang Benda Bergerak Maupun Tidak Bergerak, serta ketiga Jasa,” kata Momongan

Dijelaskannya mengacu pengalaman sebelumnya hanya calon yang menang dalam Pilkada yang melaporkan dana kampanye ini. “Waktu lalu sesuai pengalaman hanya calon yang memiliki suara terbanyak yang melaporkan dana kampanye mereka padahal ini sangat penting,” ujarnya.

“Terkait dengan laporan dana kampanye untuk bakal calon peserta Pilkada ada laporan awal, LPPDK dan laporan akhir dana kampanye agar disampaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tidak berpotensi timbul permasalahan di kemudian hari,” tegas Ketua Bawaslu Herwyn Malonda.

(Kelly)

Categories: Manado, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s