Ekonomi & Bisnis

Sejumlah Investor Tertarik Berinvestasi Untuk Proyek di Sulut , BI Prediksi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Kesempatan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam mempresentasikan proyek strategis di Sulut yang ditawarkan kepada Investor pada Road to Indonesia Investment Day (IID), Selasa 1 September 2020 yang lalu, ternyata membuahkan hasil yang baik.

Sejumlah investor pun tertarik untuk berinvestasi untuk proyek-proyek yang ditawarkan Pemprov Sulut. Proyek tersebut antara lain Kawasan Ekonomi Khusus Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang dan Jembatan Pulau Lembeh.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut Arbonas Hutabarat menyebut, ini adalah langkah yang sangat baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.

“Bahkan mereka sejumlah investor juga menanyakan bilamana ada proyek lain di Sulut selain 3 proyek ini. Mereka tertarik untuk berinvestasi,” kata Arbonas dalam acara Media Briefing di Hotel Four Points Manado, Rabu(2/9).

Ia mengatakan, pada acara Road to IID 2020, ada sembilan provinsi yang mendapat kesempatan mempresentasikan proyek strategis mereka untuk ditawarkan kepada investor. Dan Sulawesi Utara merupakan satu dari sembilan provinsi tersebut.

“Ini adalah langkah yang baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kita. Apa sebab? Ada dua kelompok yang berperan besar terhadap struktur ekonomi Sulawesi Utara menurut Pengeluaran. Pertama Pengeluaran Rumah Tangga dan Pengeluaran Investasi,”sebutnya.

Arbonas menjelaskan, Pengeluaran Rumah Tangga memiliki share 44,15 persen dan Investasi 33,15 persen dari struktur ekonomi Sulawesi Utara.

“Pengeluaran Rumah Tangga memang masih merupakan kelompok terbesar. Namun ukurannya tidak sebesar di pulau Jawa. Oleh sebab itu, Sulut memerlukan investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” tambahnya menjelaskan.

Menurutnya, akan ada banyak multiplier efek yang akan timbul dengan adanya investasi.

“Dengan adanya investai yang masuk ke Sulut, maka dipastikan akan membuka lapangan pekerjaan. Misalnya untuk pembangunan hotel, lapangan pekerjaan sudah terbuka sejak dimulainya konstruksi. Dan saat hotelnya sudah selesai, tentu memerlukan juga tenaga kerja. Nah ini juga bisa dimanfaatkan oleh pencari kerja,”tandasnya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s