Ekonomi & Bisnis

Diverifikasi Kepala BPS Sulut dan Petugas, Gubernur OD Imbau Masyarakat Sulut Sukseskan SP2020

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, dilakukan verifikasi data dan wawancara langsung terkait Sensus Penduduk tahun 2020 oleh Kepala Badan Pusat Statistik Sulut Dr Ateng Hartono di kediamannya di desa Kolongan Kecamatan Kalawat Minahasa Utara, Kamis(10/9).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Olly pun mengimbau kepada seluruh masyarakat sulawesi utara untuk mensukseskan kegiatan Sensus Penduduk September 2020 ini.

“Saya imbau seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi aktif untuk mendukung sepenuhnya dalam menyukseskan kegiatan Sensus Penduduk September 2020 dengan memberikan jawaban yang benar dan jujur kepada petugas sensus yang melakukan pendataan ke rumah-rumah,” kata Gubernur OD.

Menurutnya, hal itu penting disampaikan mengingat betapa strategisnya manfaat data kependudukan hasil dari SP 2020 ini, sudah menjadi keharusan bagi seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan hajatan besar bangsa itu.

Tambah dia, kegiatan yang digelar sepuluh tahun sekali itu akan mencatat seluruh penduduk Indonesia untuk menghasilkan satu data Indonesia, yang kelak akan menjadi dasar perencanaan pembangunan Indonesia di berbagai bidang.

Diketahui, sebelumnya Gubernur Olly telah mengisi data SP2020 Online. Dan oleh petugas Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) Olha Kaparang tinggal melakukan verifikasi data.

Kepala Badan Pusat Statistik Sulut Dr Ateng Hartono menyebut verifikasi dalam bentuk wawancara sangat penting untuk validitas data SP. Dalam verifikasi, petugas menanyakan kembali keberadaan anggota keluarga kondisi terkini.

“Ini penting karena wawancara mengkonfirmasi apakah ada ketambahan anggota keluarga yang baru menetap dan berencana tinggal di keluarga tersebut ataupun karena kelahiran,” ungkapnya.

Selain itu, petugas juga menanyakan apakah ada pengurangan anggota keluarga karena pindah ketempat lain atau ada yang meninggal.

“Untuk melengkapi jika ada keluarga yang meninggal ditanyakan  dan kapan bulan dan tahun meninggalnya. Salam Sukses SP2020 Sulut,” katanya.

Terkait itu, Ateng mengimbau masyarakat Sulut bersikap terbuka dan proaktif terhadap petugas SP2020 yang datang.

“Keberhasilan Sensus Penduduk 2020 menjadi pondasi suksesnya perencanaan pembangunan Nasional,” ujar dia sembari memberi apresiasi kepada Gubernur Olly yang telah melakukan verifikasi datanya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s