Ekonomi & Bisnis

Dilepas Gubernur OD, Perdana Sulut Terbangkan Produk ke Negeri Sakura

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE secara resmi melepas ekspor perdana Direct call produk hasil perikanan dari bumi Nyiur Melambai, Gorontalo dan Maluku Utara ke Negeri Sakura, Tokyo, Jepang, Rabu(23/9).

Diketahui, total ikan yang diekspor sebanyak 10.350 kg, di mana produk dari Sulut sebanyak 6.661 kg, Gorontalo 413 kg dan Maluku Utara 4.152 kg.

“Malam ini kita melepas ekspor perdana produk perikanan ke Jepang secara langsung. Hal ini patut kita syukuri, karena cita-cita kita untuk menjadikan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang pasific sudah mulai terealisasi,” ucap OD.

Adapun, selama ini ekspor kelautan dan perikanan Sulut 80 persen tujuan ke Jepang.

Namun sangat disayangkan, kegiatan ekspor harus melalui bandara Soekarno Hatta Jakarta atau Ngurai Rai Bali. Waktu yang dibutuhkan juga sangat lama, yakni mencapai 24-30 jam, termasuk waktu transit untuk sampai di Jepang.

Foto : Istimewa

“Padahal secara geografis, letak bandara Sam Ratulangi jauh lebih dekat dengan Jepang dan hanya membutuhkan waktu 5-6 jam penerbangan. Oleh sebab itu, dibukanya direct call ke Jepang ini sangat menguntungkan bagi pengusaha. Pada penerbangan perdana malam ini, selain membawa ikan, juga dibawa sample produk pertanian Sulut,” bebernya.

Dan jika hasil sampel tersebut memenuhi syarat, maka ada peluang produk pertanian lainnya tersebut juga akan diekspor ke Jepang.

Sementara itu, sambutan secara virtual oleh Kepala Badan Karantina Cukai Ir. Ali Jamil, Phd Menteri Keuangan yang disampaikan oleh Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi dan Menteri Kelautan dan perikanan disampaikan oleh Badan Karantina IKan pengendalian Mutu Sumiyanto.

“Pesawat yang digunakan adalah tipe A330-200. Pesawat tersebut berangkat dari Jakarta jam 17.00 WIB, dan tiba di Manado jam 21.30 WITA. Selanjutnya dari Manado berangkat ke Tokyo Narita jam 23.40 WITA dan tiba di Jepang jam 06.30,” kata Wijoseno. Penerbangan ini akan dilakukan seminggu sekali setiap hari Rabu.

Pada acara tersebut juga turut dihadiri oleh CEO Garuda Indonesia Regional Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Aryo Wijoseno, Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw, Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi bagian Utara Cerah Bangun, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut Arbonas Hutabarat serta sejumlah pejabat lainnya.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s