Manado

PKPU Terbaru Dalam Pilkada Serentak 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Manado – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) telah mengeluarkan aturan terbaru untuk Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 di tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Koordinator Divisi Teknis KPU Kota Manado Sahrul Setiawan HS, mengatakan untuk tahapan Pilkada tahun 2020 berpedoman pada PKPU terbaru, yakni PKPU Nomor 13 Tahun 2020.

Untuk tahapan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado yang akan digelar pada hari ini, Kamis tanggal 24 September 2020, Pukul 15:00 Wita, berpedoman pada PKPU Nomor 13 Tahun 2020 pasal 55.

“Ada Revisi terkait yang hadir dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut. Berdasarkan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 pasal 55, yang bisa hadir hanya lima komisioner KPU Kota Manado, Paslon, satu penghubung, dan dua Bawaslu,” jelas Sahrul.

“Sedangkan untuk pendukung paslon, masyarakat dan juga yang akan meliput, bisa mengikuti lewat live streaming dan zoom,” sambung Sahrul.

Adapun bunyi PKPU Nomor 13 Tahun 2020 pasal 55;

KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota melaksanakan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut Pasangan Calon dalam Pemilihan Serentak Lanjutan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. hanya dihadiri oleh:

  1. Pasangan Calon;
  2. 2 (dua) orang Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kabupaten/Kota sesuai dengan tingkatannya;
  3. 1 (satu) orang penghubung Pasangan Calon; dan
  4. 7 (tujuh) atau 5 (lima) orang anggota KPU Provinsi, atau 5 (lima) orang  anggota KPU Kabupaten/Kota; dan

b. peserta yang hadir dalam pengundian Nomor Urut Pasangan Calon sebagaimana dimaksud dalam huruf a wajib menerapkan prokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 dan 9. (Kelly)

Categories: Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s