Manado

31 Oktober KPU Manado Akan Umumkan 6.853 Nama KPPS Pilkada 2020

MANADO – Rekrutmen calon anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di 87 kelurahan di kota Manado, resmi telah ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado.

Untuk pilkada 2020 di Kota Manado, KPU Manado diketahui membutuhkan 6.853 orang KPPS, yang nantinya akan bertugas melayani pemilih di 979 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 87 Kelurahan.

“Menurut laporan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pelamar KPPS sudah memenuhi kuota dan tinggal diumumkan,” ungkap Ketua KPU Manado Jusuf Wowor, Rabu (28/10/2020).

Ditambahkan oleh Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Manado, Ismail Harun bahwa calon KPPS yang telah memenuhi syarat dan dinyatakan lolos menjadi KPPS di Kota Manado, rencana akan diumumkan Sabtu (31/10).

Menurut Ismail nama-nama yang dinyatakan lulus berdasar rekomendasi PPS ke KPU Manado. “Kami akan umumkan serentak. Namun sebelum diserahkan ke KPU,  PPS membuka ruang tanggapan masyarakat atas calon KPPS,” ujarnya.

Selanjutnya kata Ismail, KPU Manado akan melakukan rapid test terhadap semua KPPS yang baru, sebelum diberi pelatihan dan menjalankan tugasnya pada hari pemungutan suara nanti. Bila ada yang reaktif, maka akan diswab test.

“Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, maka semua wajib rapid test. Apabila ada yang reaktif, akan direkom dites secara swab dan semua biaya rapid dan swab ditanggung negara,” tegas Ismail. (kelly)

Categories: Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s