Minahasa

Dibuka Sekda Minahasa, Pemprov Gelar Rakor EPRA se-Sulut Triwulan III TA 2020 di Tondano

Tondano – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R Muntu S.sos membuka Rapat Koordinasi Evaluasi dan pengawasan Realisasi Anggaran (Epra) Triwulan III Tahun Anggaran 2020 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara, Selasa 27/10/ 2020 di Yama Resort Tondano.

Sambutan Bupati Minahasa oleh Sekretaris Daerah Frits Muntu, menyampaikan bahwa Pelaksanaan Pemerintahan Daerah dengan Paradigma yang baru berdasarkan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Khususnya Pengelolaan Keuangan Daerah dilakukan secara efektif, Efisien, Transparan, Akuntabel, Tertib, Adil, Patut, dan taat pada peraturan Perundang – Undangan.

“Dalam rangka Mempercepat pelaksanaan program atau kegiatan pada DPA perangkat daerah di tiap kabupaten/kota se Sulawesi utara. Anggaran merupakan topik yang sensitif dan banyak mendapat Sorotan publik, begitu juga penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi hingga akhir tahun. Selain itu pelaksanaan program dan kegiatan tidak sesuai jadwal, dikarenakan banyak faktor serta kekurangan Pemahaman terhadap implementasi peraturan Pemerintah. Keseluruhan kendala ini,menunjukan kurang matangnya  tahap perencanaan serta evaluasi kegiatan yang berakibat pada rendahnya penyerapan anggaran dan realisasinya, kata Muntu.

Rapat koordinasi Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi anggaran Kabupaten/Kota Seprovinsi Sulawesi Utara ini memiliki peran penting dalam pencapaian kinerja di kabupaten/kota, terutama pencapaian realisasi keuangan maupun fisik, diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempercepat penyerapan anggaran sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam dokumen perencanaan, serta menyelaraskan  serapan anggaran dan pembangunan fisik yang bersumber dari dana  APBN dan APBD sesuai dengan kepres nomor 20 tahun 2015 tentang Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi anggaran APBN dan APBD.

Seperti yang diambil pada Rakor Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi anggaran  kali ini yakni evaluasi realisasi anggaran terhadap program dan kegiatan sesuai refocus dan realokasi anggaran akibat pandemi covid-19 yang mengacu pada intruksi presiden nomor 4 tahun 2020 tentang refocusing kegiatan , realokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan  covid 19, sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam pelaksanaan pembangunan yang bersifat strategis dan sangat diperlukan oleh masyarakat di Sulawesi Utara sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

“Selanjutnya saya sangat berharap  peserta rapat saat ini untuk dapat mengikuti rangkaian acara ini secara cermat dan aktif. Tidak lupa juga menyampaikan rasa bangga dan trima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini,” tutup Sekda Muntu.

Peserta Rapat Koordinasi Evaluasi dan pengawasan Realisasi Anggaran (Epra) Triwulan III Tahun Anggaran 2020 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara

Sementara Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Prov Sulut Abdullah Mokoginta, SH, MSi menyampaikan bahwa rakor ini tujuannya agar dana yang tertata di APBD bisa terserap dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang ada, juga tentu dana ini bisa digulirkan kepada masyarakat agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari dana itu.

“Disamping itu kami juga mengawasi pelaksanaan pembangunan proyek proyek fisik apakah sudah sesuai dengan target waktu yang di tetapkan dan apakah sesuai dengan standard yang telah diminta,” ungkapnya.

Mokoginta menambahkan, bahwa dalam rakor ini juga bagaimana memecahkan segala permasalahan yang ada di Kabupaten/kota agar permasalahan itu bisa secepatnya diselesaikan sehingga pekerjaan itu bisa diselesaikan dengan lancar yang ujung ujungnya serapan anggaran bisa terserap.

“Jangan sampai terjadi silpa, itu berarti perencanaan tidak matang, yang seharusnya dana itu harus bergulir kepada masyarakat setiap tahun tentu dengan sasaran yang jelas. Karena pemerintah tidak mencari keuntungan dari situ tapi bagaimana dana APBD itu dilaksanakan  sebesar besarnya demi kemakmuran rakyat di daerah tersebut,” jelas Mokoginta.

Dalam kesempatan itu, tidak lupa Mokoginta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Minahasa Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey  yang sudah menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini.

“Atas sinergitas ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Pemkab Minahasa yang sudah menjadi tuan rumah sehingga bisa terselenggaranya kegiatan ini. Termasuk para peserta atas antusiasme yang ditunjukkan melalui kehadiran dalam kegiatan rapat koordinasi epra ini,” tutup Mokoginta.

Dalam kesmpatan ini Tim Kesenian Ikatan Waraney Wulan Minahasa dibawah Pimpinan Johana Karlina Roring BSBA, menampilkan tarian Uka Kaukau.

Turut hadir sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur DR. Asripan Nani,M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Ir. Wenny Talumewo, Kepala BPKAD Kabupaten Minahasa Drs. Hanes D. Wagey MBA, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Minahasa Philip Siwi SE. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Minahasa Meldy Lumintang ST. MT. Tim Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi anggaran Kabupaten/Kota Seprovinsi Sulawesi Utara.

(Christian Tangkere)

Categories: Minahasa, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s