Sulut

Perkuat Fungsi Komunikasi Dengan Wartawan, Bank Indonesia Perwakilan Sulut Gelar Media Gathering

Minahasa, Sulut – Untuk memperkuat fungsi komunikasi serta mempererat kebersamaan dan meningkatkan kualitas jurnalis di bidang ekonomi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara kembali menggelar media Gathering di hotel Marcure Tateli Kabupaten Minahasa Selasa (3/11).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Arbonas Hutabarat menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara BI Sulut dengan wartawan, karena menurutnya sejelek jeleknya berita kalau dikemas dengan baik dan dikomunikasikan secara kosisten akan jadi berita bagus. “Tapi sebagus bagusnya berita kalau di komunikasikan dengan cara yang negatif dan konsisten maka akan melahirkan berita yang negatif,” ungkapnya.

Hutabarat melanjutkan bahwa, Bank Indonesia itu produknya itu kebanyakan adalah kebijakan seperti kebijakan moneter, kebijakan sistem pembayaran dan kebijakan makro prudensial. Yang namanya kebijakan mediannya untuk bisa sampai kepada masyarakat harus melalui komunikasi. “Oleh karena itu, sebagus bagusnya produk kebijakan kami kalau tidak dikomunikasikan melalui media massa maka tidak ada gunanya, makanya caranya adalah mengkomunikasikan dengan wartawan,” katanya.

Hutabarat pun menjelaskan bagaimana cara bekomunikasi dengan tepat, menurutnya dalam ilmu komunikasi yang menerima pesan itu harus diberi informasi dulu agar satu frekuesi dengan yang akan memberikan berita, kalau sudah sampai ilmu ekonominya apapun tidak akan meleset.

“Makanya pertemuan seperti media gathering ini penting, kalu bisa 2 kali setahun apalagi kebijakan BI setiap tahun banyak yang baru. Makanya dasar dasarnya diberikan kemudian ilmu terbarunya diberikan. Itulah cara menghasilkan komunikasi yang baik antara sender dan resiver, sebenarnya yang kami lakukan adalah ilmu komunikasi,” tutupnya.

Media media Gathering yang dilaksanakan selama 2 hari (3-4/11) menghadirkan narasumber dari tokoh ekonomi sulut dengan beberapa materi diantaranya, Ekonomi Digital, Arah Kebijakan Ekonomi masa kini serta Kebijakan ekonomi dan implikasinya terhadap pemahaman masyarakat. (Christian T)

Categories: Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s