Minahasa

Webinar KPCPEN dan Kominfo, Kadis Tumundo Himbau Patuhi Protokol Kesehatan dan Budayakan 3M


Tondono – Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementerian Kominfo RI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Web Seminar dengan tema “Vaksin Aman, Masyarakat Sehat” pada Selasa, 24 November 2020 pukul 13.00 – 15.00 Wita secara daring.

Webinar yang menampilkan Nara Sumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr. Maya Chintya Rambitan, MKes dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo, SE, MSi ini berlangsung dengan baik, dengan moderator Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Minahasa Jeffry Wauran, SSos dan Host Harno Utomo dari KPCPEN.

Dalam Webinar yang di menggunakan Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube https://youtu.be/53YnhZhhFCQ ini, Kadis Kominfo Agustivo Tumundo mengingatkan agar di masa Pandemi COVID-19 ini untuk senantiasa mematuhi Protokol Kesehatan dan membudayakan 3 M dalam aktivitas sehari-hari.

“Adapun 3 M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan atau Menggunakan Hand Sanitizer dan Menjaga Jarak,” ujar Tumundo.

Selain itu, Tumundo menambahkan bahwa Pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wabup Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM melalui RRRD Command Centre rutin melakukan Update data Covid-19 secara berkala di kanal informasi milik Pemkab Minahasa.

“Kami juga meminimalisir informasi yang menyesatkan (hoaks) terkait pemberitaan Covid-19, serta menginformasikan langkah-langkah strategis yang telah diambil oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam hal penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi,” jelas mantan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata dan mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa ini.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr. Maya Chintya Rambitan, MKes menyampaikan berdasarkan analisa data dan situasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Minahasa telah berhasil mengendalikan kasus positif Covid-19. Sehingga masyarakat diminta untuk tetap menjaga kesehatan tubuh sambil menunggu vaksin.

“Vaksin sendiri adalah antigen atau zat aktif pada virus dan bakteri yang apabila disuntikkan, dapat menimbulkan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau penyakit. Tujuan vaksinasi yakni menghasilkan zat antibodi yang kuat, vaksinasi ini penting untuk mencegah penyakit, kecacatan, hingga kematian, juga dapat mencegah penularan penyakit ke lingkungan sosial yang lebih luas lagi”, jelas dr. Maya.

Diketahui, KPCPEN adalah Komite yang terdiri dari Komite Kebijakan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dan Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional yang dibentuk oleh Presiden dengan Perpres No. 82 Tahun 2020.

(Christian Tangkere)

Categories: Minahasa, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s