Minahasa

Wujudnya Masyarakat Minahasa Sehat Mandiri, Bupati ROR Deklarasikan 5 Pilar STBM

Minahasa – Untuk mencapai kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat agar terjadi perubahan perilaku hygiene dan Sanitasi pada Masyarakat, maka Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR) mendeklarasikan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Gedung Gereja GMIM Zaitun Kiawa, Kecamatan Kawangkoan Utara, Kamis (3/12)

Deklarasi ini diikuti oleh Hukum Tua se-Kawangkoan Utara dimana pilar STBM yang terdiri dari :

  1. Stop Buang Air Besar Sembaranagan (STOP BABS)
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
  3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga
  4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga
  5. Pengamanan limbah Cair Rumah Tangga.
Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, MSi mendeklarasikan lima pilar STBM

Bupati ROR dalam sambutannya menyampaikan, Pelaksanaan STBM dalam jangka panjang dapat menurunkan angka kesakitan dan angka kematian yang di akibatkan oleh sanitasi yang kurang baik dan juga dapat mendorong terwujudnya masyarakat yang sehat mandiri dan berkeadilan.

Kecamatan Kawangkoan Utara dan Kelurahan Sendangan Tengah Kecamatan Kawangkoan adalah kecamatan dan kelurahan pertama di Kabupaten Minahasa yang mendeklarasikan dirinya sebagai kecamatan STBM, dimana 100% penduduk sudah tidak buang air besar sembarangan, tersedia tempat cuci tangan, mengelolah air minum dan makanan dengan baik, mengelola sampah dengan baik, mengelolah limbah cair rumah tangga dengan baik. Diharapkan semua kecamatan di kabupaten minahasa bisa mendeklarasikan diri sebagai stbm.

Para Hukum Tua usai mendeklarasikan lima pilar STBM

Hal ini juga merupakan salah satu kriteria penilaian untuk kabupaten sehat tahun 2021 dimana 100% desa/kelurahan di kabupaten minahasa harus sudah deklarasi STBM atau deklarasi stop buang air besar sembarangan (stop babs).

“Untuk mencapai hal tersebut sangat diharapkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak baik dari pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat lebih khusus dari desa itu sendiri,” jelas Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr. Maya Rambitan, M. Kes bahwa STBM sebagai suatu pendekatan pemberdayaan masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku hygiene dan sanitasi melalaui pemicuan yang berada di kelompok masyarakat individu, Rumah tangga, actor/pelaksana dan stakeholder untuk melakukan gerakan perubahan sanitasi secara total dan konprehensip.

“STBM adalah Pendekatan untuk mengubah perilaku hygiene dan sanitasi melalui Pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Program STBM salah satu dasar pencegahan stunting dan untuk memutus rantai penularan COVID 19,” ungkap Rambitan.

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr. Maya Rambitan, M.Kes bersama Jajaran usai deklarasi 5 pilar STBM

Lanjut Rambitan, Hasil Capaian Program STBM Khusunya Pilar I Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Minahasa yang terdiri dari 270 Desa/Kelurahan adalah :

  1. Jumlah Desa yang sudah dilakukan pemicuan sebanyak 177 desa/kelurahan
  2. Jumlah Desa yang sudah dilaksanakan Monitoring Evaluasi hasil pemicuan sebanyak 170 Desa/Kelurahan,
  3. Jumlah Desa/Kelurahan yang sudah dilaksanakan Verifikasi sebanyak 146 Desa/Kelurahan.
  4. Jumlah Desa/Kelurahan yang sudah mendeklarasikan diri Desa STOP BABS adalah 107 Desa/Kelurahan. Untuk tingkat kecamatan sudah 5 kecamatan yang sudah 100% mendeklarasikan SOP BABS yaitu Kecamatan Kawangkoan dan Kecamatan Kawangkoan Utara (wilayah kerja PUSKESMAS Kawangkoan) yang pertama kali mendeklarasikan pada tahun 2018 diikuti Kecamatan Kawangkoan Barat (wilayah kerja PUSKESMAS Kawangkoan Barat), Kecamatan Tompaso serta Kecamatan Tompaso Barat (wilayah kerja PUSKESMAS Tompaso) pada tahun 2019
  5. Jumlah desa /kelurahan yang telah melaksanakan 5 pilar STBM adalah 11 desa/kelurahan yaitu 10 desa/kelurahan di kecamatan Kawangkoan Utara (100%) dan 1 kelurahan di kecamatan Kawangkoan,” jelas Rambitan. (Christian Tangkere)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s