Manado

Tingkatkan Layanan, BPJS Kesehatan Luncurkan Program Inovasi OD Esprit

Manado – Satu inovasi dipersembahkan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) dengan melaunching sebuah program Otomasi Dashboard Ketersediaan Tepat Tidur di Rumah Sakit (OD Esprit), Jumat 18/12/2020.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Efran Chandra Nugraha, mengatakan bahwa OD Esprit merupakan pengembangan aplikasi ketersediaan tempat tidur secara real time di rumah sakit, ini sebagai bentuk peningkatan layanan kepada para peserta JKN serta transparansi layanan kesehatan di rumah sakit.

“OD Esprit ini dibuat karena ada keluhan peserta atas informasi ketersediaan tempat tidur, dimana untuk memastikan informasi kesediaan tempat tidur yang ada di Rumah Sakit selalu terupdate maka selalu dilakukan sinkronisasi data setiap 5 menit sekali, sehingga informasi yang disampaikan selalu up to date,” kata Nugraha yang juga sebagai ketua panitia yang dirangkaikan dengan Media Gathering dan perayaan natal dengan Insan Pers.

Lanjut Nugraha, bahwa target dampak yang diharapkan, yaitu efisiensi operasional RS dengan optimalisasi data billing dalam hal ini tidak memerlukan operator khusus.

“Hal ini juga dalam rangka peningkatan kepuasan pelanggan pada titik layanan informasi di RS dimana peserta mendapat informasi real-time dan terbuka, serta mendapat kepastian informasi ketersediaan tempat tidur di RS,” jelas Nugraha.

Sementara Deputi Direksi Wilayah Suluttenggomalut Chandra Nurcahyo dalam sambutannya mengapresiasi para Jurnalis karena sampai saat ini komunikasi maupun kerjasama dengan pihak media tetap berjalan dengan baik.

“Maksud dan tujuan media gathering ini sebagai media sarana dan silahturami antar media dengan stakeholder kesehatan dan pemerintah provinsi. Karena peran media sangat luar biasa dalam menopang program dan kinerja pihak BPJS Kesehatan yang meliputi wilayah Suluttenggomalut,” ujar Chandra.

Gubernur Sulut yang diwakili Stevi Keppel menyampaikan terima kasih kepada pihak BPJS Kesehatan Suluttenggomalut serta awak media lainnya telah melakukan Launching Program OD Esprit dalam menunjang program pemerintah pusat dan daerah.

“Rangkaian kegiatan saat ini menjadi sarana yang tepat kita semua untuk semakin memantapkan kualitas kebersamaan persatuan dan kekeluargaan serta saling memperkokoh komitmen bersama dalam satu tekad semangat dan juang memberikan karya yang terbaik,” kata Kepel.

Kegiatan media gathering yang dirangkaian dengan ibadah pranatal dan launching program OD Esprit, juga diikuti awak media dari Kabupaten Minahasa melalui video konferensi. Di akhir kegiatan BPJS memberikan penghargaan kepada awak media yang sudah berkontribusi positif dengan pihak BPJS Kesehatan. (ChristianT)

Categories: Manado, Minahasa, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s