Minahasa

Alat Perekam Transaksi Pajak Akan Dipasang di Tempat Usaha Yang Ada di Minahasa

Minahasa – Pemerintah Kabupaten Minahasa akan memasang alat perekam transaksi pajak di tempat usaha seperti usaha hiburan dan restoran. Hal tersebut dikarenakan Ketidaktaatan para wajib pungut yang sudah memungut pajak kepada konsumen namun tidak disetor ke Pemerintah Daerah (Pemda), hal ini merupakan tindakan penggelapan dan harus ditindak tegas.

Hal ini tercetus dalam kegiatan sosialisasi Sistem Pemantauan Data Transaksi Pajak Daerah Secara Elektronik di Kabupaten Minahasa, yang dirangkaikan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan PT Bank SulutGo terkait Penerimaan Pembayaran PBB-P2, Rabu (23/12) sore, bertempat di Hotel Yama Tondano, yang dibuka langsung Bupati Minahasa DR Ir Royke Octavian Roring MSi.

Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Repoblik Indonesia Wilayah III Aidah Zulaiha melalui zoom meeting menyampaikan bawah, KPK selalu mendukung dan mendorong optimalisasi pajak daerah, yang merupakan salah satu upaya pencegahan korupsi dari segi pendapatan.

Dia berharap, Pemda diharapkan memiliki sistem yang up-to-date dan relatif baru untuk memantau dan memonitor pendapatan pajak daerah, seperti penggunaan alat pajak elektronik. Pemda juga kata dia, harus memiliki regulasi terhadap penggunaan alat pajak elektronik, disebutkan syarat dan kriteria wajib pungut sampai sanksi penyalahgunaan alat tersebut.

“Kami berharap Pemda membentuk tim teknis untuk perencanaan, mengenai wajib pajak mana saja yang akan dipasang alat pajak elektronik, sampai pada pengawasan agar alat tersebut selalu online. Harus ada data list dan kriteria wajib pungut pajak dari omset paling tinggi hingga kebawah, agar terurut dengan baik,” ujarnya.

“Kriteria harus sesuai regulasi, alat yang dipasang kepada wajib pungut harus merata dan alat tersebut jangan dirusak atau direkayasa. Ketidaktaatan para wajib pungut yang sudah memungut pajak kepada konsumen namun tidak disetor ke Pemda, merupakan penggelapan dan harus ditindak tegas. Adanya alat pajak elektronik diharapkan mampu menghilangkan bias akan potensi korupsi pada sistem sekarang ini,” tandasnya.

Sementara, Bupati ROR menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Bank SulutGo, karena dari 15 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, Minahasa dipercayakan menjadi daerah ke-2 untuk pemasangan alat pajak elektronik. Kata ROR, inipun tidak terlepas dari dukungan dan dorongan pihak KPK-RI.

“Kita telah melakukan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Minahasa dengan PT Bank SulutGo, sebagaimana laporan tadi sudah ada 20 objek pajak yang akan mendapatkan alat untuk dipasang. Alat ini fungsinya terbatas, jadi harus dimonitor dan di cek langsung oleh tim teknis atau tim pengawas lapangan yang akan dibentuk nanti,” tukasnya.

“Pemda pun akan membuat regulasi terkait penggunaan alat pajak elektronik, termasuk sanksi jika alat ini disalahgunakan. Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan hasil pendapatan daerah juga untuk kesejahteraan masyarakat di kabupaten Minahasa,” pungkasnya.

Direktur Umum PT Bank SulutGo Revino Pepah, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Minahasa yang mempercayakan pengelolaan keuangannya, termasuk penerimaan PBB-P2 yang sudah terwujud dalam perjanjian kerjasama.

“PT Bank Sulutgo kerjasama dengan KPK-RI akan memasang alat pajak elektronik dengan Vendor PT Cartenz Jakarta, kepada wajib pungut pajak dari unit pajak hiburan, restoran dan parkir yang ada di Minahasa. PT Bank SulutGo memberikan dukungan penuh, seberapa banyak alat yang dibutuhkan unit usaha hiburan, restoran dan parkir yang ada, akan kami penuhi. Alat pajak elektronik ini akan merekam seluruh transaksi pajak dari unit pajak hiburan, restoran dan parkir. Diharapkan dengan alat ini akan ada lonjakan penerimaan pajak daerah,” pungkasnya. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s