Bolmong Raya

Kasus Perceraian di Bolmong Capai Angka Tertinggi di Sulut

SULUTNEWSTV.COM, BOLMONG – Perkara kasus perceraian di Kabupaten Balaang Mongondow pada tahun 2020 naik mencapai 100 persen di banding tahun 2019. Hal ini bahkan kasus paling tinggi di Sulawesi Utara.

“Untuk tahun 2020 Pengadilan agama Bolmong di Lolak telah menuntaskan perkara sidang kasus perceraian sebanyak 769 kasus, bahkan tercatat kasus perceraian ini tergolong cukup tinggi di sulawesi utara, namun dari sekian banyak perkara sidang, ada 10 kasus yang berakhir dengan perdamaian setelah dilakukan proses mediasi oleh pihak pengadilan Agama,” kata Kepala Agama Bolmong, Nur Ali Renhaat S.Ag kepada media ini, Senin (11/1).

Sekian banyak perkara kasus perceraian, lanjut Renhaat, yang paling dominan adalah gugat cerai istri kepada suaminya. Adapun penyebab utama adalah masaala ekonomi,hal ini yang menjadi faktor utama istri menggugat cerai suaminya, dan hal ini terjadi pada suami istri yang bisa dikatakan masih usia belia, artinya mental belum siap tapi keduanya nekat untuk menikah.

“Selain itu, masalah minuman keras,dimana rata rata istri ketika menikah butuh kasih sayang serta butuh di lindungi oleh suaminya, namun ketika suami telah di pengaruhi oleh minuman keras justru sebaliknya terjadilah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)terhadap istri,” tutur Nur Ali

Faktor penyebab ketiga adalah soal hadir orang ke tiga dalam istilah hubungan gelap,nah soal ini siapapun wanita pasti tidak ingin di madu oleh sang suami, sehingga terjadilah gugat cerai, bahkan ada kasus yang terjadi suaminya nikah duluan baru di gugat istri,ini sangat di sayangkan.

“Tahun 2021 ini Pengadilan Agama Kabupaten Balaamg Mongondow yang ada di lolak juga menerima permohonan dispensasi nikah di bawah umur dan jumlahnya cukup fantastik, sehingga pihak pengadilan Agama di tengah vandemi covid 19 ini harus kerja ekstra dan tetap mengedepankan protokol kesehatan, yakni menjaga jarak mencuci tangan memakai masker,” tutup Nur Ali Renhaat. (Red/*Arman)

Categories: Bolmong Raya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s