Minahasa

KPU Minahasa Divisi Teknis Penyelenggara Gelar Evaluasi Pilgub Sulut Tahun 2020

Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Divisi Teknis Penyelenggara menggelar Evaluasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Pilgub) Tahun 2020, yang digelar di Yama Resort Tondano, Sabtu (13/02/2021).

Rapat evaluasi ini dibuka oleh Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Minahasa Kristoforus Ngantung, yang dimonitoring langsung oleh Ketua Divisi Teknis KPU Sulut Yessy Momongan, STh, MSi didampingi Ketua KPU Minahasa Lord Malonda dan Komisioner KPU Rendy Suawa.

“Evaluasi ini kita diminta untuk menyampaikan masalah masalah serta memberikan solusi, kemudian hasilnya evaluasi kali ini bisa dijadikan sebagai acuan bagi penyelenggaraan pemilihan selanjutnya untuk dijadikan regulasi,” ungkap Kristoforus Ngantung, Komisioner KPU Kabupaten Minahasa Divisi Teknis.

Selanjutnya Ngantung memberikan apresiasi kepada penyelenggara di tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa atas kerja kerasnya dalam menyukseskan Pilgub Tahun 2020. “Saya mengapresiasi kawan-kawan penyelenggara, yang sudah mengabdikan diri untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut,” Pungkas Ngantung.

Dalam evaluasi tersebut, salah satu yang dibahas yaitu Aplikasi SIREKAP. Veri Junaidi Ketua Konstitusi dan Demokrasi Indonesia, salah satu narasumber menyampaikan bahwa Aplikasi SIREKAP ini sebetulnya adalah terobosan yang inovatif dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Aplikasi SIREKAP ini sebetulnya adalah terobosan yang inovatif dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020. SIREKAP secara visi ini bagus, hanya dalam beberapa fungsi masih perlu disempurnakan,” ungkap Junaidi.

Junaidi menjelaskan bahwa sepanjang pemilihan 2020, SIREKAP ini sudah menyita banyak waktu dan energi sehingga sangat sayang jika tidak digunakan. “Apabila kedepan nanti SIREKAP tetap digunakan sebaiknya ada peningkatan, sehingga tidak banyak trouble ketika hari H,” jelasnya.

Selain SIREKAP, beberapa hal kaitannya teknis pemungutan dan penghitungan suara juga dievaluasi. Evaluasi berjalan lancar hingga akhir. Selanjutnya hasil evaluasi tersebut akan dijadikan rekomendasi untuk Pemilihan yang lebih baik kedepan.

Sementara narasumber lain dalam evaluasi ini, yaitu Kasubag Humas Polres Minahasa AKP. Ferdy Pelengkahu, dan Dolvie JA. Tutu sebagai Pemerhati Pemilu yang dihadiri PPK, PPS, KPPS serta unsur Pers.

(Christian)

Categories: Minahasa

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s