Minahasa

[VIDEO] Wujudkan Tata Pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa, Pejabat Pemkab Minahasa Teken Pakta Integritas

SULUTNEWSTV.com, Minahasa – Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati DR. Robby Dondokambey SSi MM berkomitmen untuk menjalankan pemerintahan yang good governance and Clean goverment, oleh karena itu seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, termasuk seluruh Camat se-Minahasa, melakukan penandatanganan Dokumen Perjanjian Kerja dan Pakta Integritas Tahun 2021, Kamis (18/02) pagi, bertempat di halaman Kantor Bupati, Tondano.

Penandatanganan ini dilakukan dihadapan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM. Satu persatu sesuai urutan, para pejabat yang dimulai dari Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi serta Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir Wenny Talumewo MSi, dan selanjutnya seluruh Kepala OPD dan para Camat, melakukan penandatanganan.

Dimana, dalam isi pakta integritas pada intinya menuntut para pejabat berkomitmen tidak melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam tugas dan tanggung jawabnya. Sedangkan untuk perjanjian kinerja, para pejabat juga dalam pelaksanaan kerja tahunan, melakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dalam pengelolaan program dan kerja di OPD nya masing-masing.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, ada reward dan punishment bagi seluruh Kepala OPD dan para Camat yang sudah menandatangani Dokumen Perjanjian Kerja dan Pakta Integritas. Dimana menurut ROR, semua diukur dari kinerja disepanjang tahun berjalan ini.

“Penandatanganan ini artinya bahwa, kita menyepakati berbagai rencana-rencana yang sedang diturunkan dari RPJMD kita, dan kita berusaha apa yang direncanakan itu dilakukan ditahun berjalan. Kita membuat komitmen, apa yang sudah kita rencanakan namun tidak tercapai, itu berarti performance dan kinerja kita tidak berhasil. Ada reward dan punishment disana,” kata ROR.

Lanjut kata ROR, ada banyak target Pemkab Minahasa di tahun berjalan ini, termasuk penyelesaian temuan dari pihak pemeriksa, baik pemeriksa internal maupun eksternal, dimana semuanya harus diselesaikan masing-masing Kepala OPD dan Camat.

“Itu menjadi penilaian kami Bupati dan Wakil Bupati. Jadi ini komitmen kita, dan konsekuensi bahwa semua program yang sudah direncanakan dan disusun, akan kita lakukan semua. Saya mohon, kinerja kita, apalagi dimasa COVID-19 ini, dimaksimalkan kemampuan managerial kita, agar apa yang kita rencanakan boleh terlaksana meski ditengah pandemi,” pungkasnya.

Sementara, usai para Kepala OPD dan Camat melakukannya, hal ini kemudian nanti akan dilakukan juga oleh seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Negeri Sipil, di masing-masing OPD di Pemkab Minahasa. (ChristianT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s