Minahasa Tenggara

1597 Warga Mitra Belum Rekam E-KTP

Mitra, Sulutnewstv- Sesuai data kependudukan Disdukcapil Minahasa Tenggara, dari 87278 jumlah jiwa warga wajib identitas yang telah melakukan perekaman elektronik kartu tanda penduduk (e-ktp) sudah mencapai 85681 jiwa.

Angka ini telah menunjukan presentase 98,2 % se kabupaten yang sudah merekam dan memiliki ktp.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Mitra Piether Owu mengatakan, jumlah tersebut terhitung tahun 2020 sampai 26 februari 2021.

“Data ini disesuaikan antara tahun lalu dan tahun berjalan, dan memang medio 2020 angka masyarakat yang melakukan perekaman cukup signifikan,” kata Owu dikantornya, Kamis (04/03).

Menurut birokrat senior ini, dari akumulasi data tersebut ada 1597 penduduk jiwa di 12 kecamatan di mitra yang belum melakukan perekaman e-ktp.

“Ini tentu menjadi PR, karenanya kami akan melakukan kunjungan alias jemput data di wilayah dengan berkoordinasi dengan sejumlah SKPD terkait, sebagai langka mutualisme pendataan, kemudian penerapan pendataan secara online,”tukasnya.

Sementara untuk pemilik kartu identitas anak (KIA) menurut kepala seksi penglolaan dan penyajian data kependudukan Sem Walangitan menjelaskan, yang wajib milik identitas anak berjumlah 31933 namun hingga kini yang mengurus baru 13641 dengan presentase baru 42 %.

“Memang sesuai presentase masih sedikit yang mengurus KIA, namun bukan hanya KIA saja, kami terus berpesan kepada masyarakat untuk mengurus berbagai identitasnya mulai dari akte, KIA, KTP, dan KK, agar pada dasarnya semua masyarakat boleh memiliki identitas”tutupnya. (Imanuel)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s