Ekonomi & Bisnis

Hari Ini, Ikan Tuna Asal Sulut Resmi ke Negeri Singa

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Setelah sebelumnya beberapa produk unggulan pertanian bumi Nyiur Melambai diterbangkan ke Negeri Sakura, Tokyo, Jepang beberapa waktu yang lalu, giliran produk unggulan perikanan Sulut yakni Tuna Segar ke Negera Singapura atau ke Negeri Singa.

Launching Direct Call Ekspor Hasil Perikanan Manado-Singapura ini, berlangsung di VVIP Bandara Samrat Manado, Senin(8/3).

Pemerintah Provinsi Sulut pun mengapresiasi terobosan dari pihak terkait, utamanya para pejuang ekspor yang dengan upayanya, sehingga ekspor komoditi perikanan ini bisa tembus ke pasar international di Singapura.

“Terobosan direct call ekspor ke Singapura bukan main-main, ibaratnya telah menabrak tembok untuk melewati sungai deras. Salut untuk para pejuang ekspor,” kata Wakil Gubernur Steven Kandouw

Dalam hal ini, Kandouw mengungkapkan, pemerintah provinsi sulut selalu berniat untuk membangun ekonomi di Sulut, khususnya ditengah-tengah pandemi Covid-19.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, tidak ada jalan lain untuk peningkatan ekonomi, selain melakukan ekspor pertanian dan perikanan. Dan ini direalisasikan melalui ikhtiar semua pihak. Kita tidak boleh puas dengan capaian saat ini, karena masih banyak peluang dan pasar yang dapat disasar. Kiranya dapat dinikmati masyarakat Sulut,” jelasnya.

Sementara itu, Mendag RI melalui Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Kasan mengatakan panggilan langsung Perikanan Sulut ini, merupakan hal yang luar biasa. Sulut, menurutnya dapat membuka pasar perdagangan dengan 10 negara utama, mencakup Asia Tenggara dan Asia Timur, kecuali Amerika.

“Kalau kita dapat memanfaatkan dengan sebaik-baik, maka akan sangat menguntungkan. Kami yakin direct call, ini dapat membawa yang lainnya. Bisa produk olahan lainnya yang bernilai tinggi,”tambahnya menjelaskan sembari mengingatkan tentang kontinuitas atau kelangsungan ekspor.

Senada disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Rina, bahwa direcrt call yang tidak mudah ini, mesti dijaga kontinuitasnya.

“Terobosan directcall suatu hal yang tidak mudah dilakukan di tengah pandemi yang dapat tekanan kuat. Nilai ekspor kita tercatat Rp1,9 triliun, yang dapat ditingkatkan lagi dengan ekspor ke Singapura,”katanya.

Menkeu RI melalui Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi, sangat mensuport upaya upaya direct call , yang menjadikan Manado sebagai super hub, sehingga mengurangi pos transit yang panjang. Dari waktu tempuh 9-18 jam menjadi 3,5 jam.

“Meski kita secara bertahap, namun langkah direct call telah memutus siklus ekspor yang panjang secara langsung akan mengurangi biaya , seperti biaya logistik, waktu dan kualitas yang masih mahal,” sebutnya.

Dubes Berkuasa Penuh Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, juga memberikan apresiasi, karena direct call mampu menjawab kebutuhan perikanan Singapura.

“Singapura memberikan informasi bagi bagi petani, tentunya dengan sertifikasi produk. Singapura juga punya potensi yang sangat besar, ini kesempatan bagi dunia usaha, pemerintah Dirjen Bea Cukai, perdagangan, Kementerian Perikanan untuk meningkatkan ekspor, ”katanya.

Dirut PT Cipta Krida Bahari Ety Puspita Sari Ciptoyo, menerangkan ekspor yang barang adalah 8 ton, namun yang terealisasi hampir 5 ton. Selain tuna segar, komoditas yang dikirim ke Singapura termasuk lobster dan produk pertanian maupun pangan olahan UMKM Sulut.

“Kami sudah bergerak dalam pengiriman kargo udara sejak tahun 2011, untuk melakukan ekspor dengan charter pesawat. Penerbangan Langsung Ke Singapura biayanya lebih efisen dengan kualitas dan daya saing yang baik,”ujarnya.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s