Minahasa Tenggara

Dinas P2KB Bakal Turunkan Tim Sensus Data Keluarga se-Mitra

Mitra, Sulutnewstv – Agenda 5 tahunan DP2K terkait Pendataan penduduk (PK) tengah dipersiapkan Pemkab Minahasa Tenggara. Setiap data keluarga akan segera dicatat, pendataan ini bakal menurunkan 791 tim pendata pendataan penduduk tahun 2021.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Mitra Royke Lumingas, SH mengatakan, secara nasional lewat BKKBN pusat telah dicanangkan pendataan, dan akan dimulai per 1 April nanti.

“Pendataan ini akan dilakukan selama 2 bulan sampai 31 mei mendatang. Ada tim yang sudah dibentuk di 12 kecamatan, tim tersebut terbagi di 135 desa dan 2 kelurahan,” kata lumingas di kantornya, Selasa (09/03).

Menurutnya, pendataan keluarga ini akan dilakukan secara by name by adres, meliputi pendataan keluarga secara umum, spesifikasi database kependudukan dari strata pendidikan, dan ekonomi dalam rangka pemetaan keluarga.

Disebutkan lumingas, data yang diinput ini juga merupakan sinkronisasi antara kerja sama dengan pemerintah desa, sesuai surat edaran yang di keluarkan oleh BKKBN pusat.

“Jadi tim yang akan mendata adalah petugas penyuluh keluarga berencana, mereka akan didampingi oleh pemerintah desa setempat pada saat pelaksanaan pendataan,”sebutnya.

Dijelaskan Lumingas, tahap pendataan akan dilakukan dalam 2 metode, baik dilakukan secara manual maupun data sistem pendataan online.

“Sebelumnya memang telah disosialisasikan ke masyarakat terkait pendataan, saat ini tengah dipersiapan, dan hasil pendataan ini kemudian akan dijadikan sumber perencanaan dan kependudukan, serta data keluarga di kabupaten Mitra,”tandasnya. (Imanuel)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s