Bolmong Raya

Nurtin Kamantuan Bawa Desa Idumun Berkembang Pesat

Sulutnewstv.com, Boltim – Dibawah Kepemimpinan Kepala Desa Nurtin Kamantuan, Desa Idumun Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang merupakan Desa berada di Puncak Gunung dengan mata pencaharian masyarakatnya 90 persen bercocok tanam ini mengalami perkembangan pesat. 12/3/2021

“Keberadaan Desa Idumun ini jauh lebih baik dari sebelumnya, dimana desa ini sebelum adanya Dana Desa lewat Pemerintah Pusat masih sangat ketertinggalan, Alhasil berkat bantuan Dana Desa pembangunan dapat di tingkatkan,” ungkap Kepala Desa Idumun Nurtin Kamantuan kepada awak Media ini, Jumat 12/3/2021.

Lanjut Nurtin, sejak terpilih menjadi Kepala Desa Idumun dan di Lantik pada akhir Desember tahun 2017, Ia bertekat melanjutkan pembangunan sebagaimana Pemerintah desa Idumun sebelumnya. “Amanah yang di percayakan oleh masyarakat harus dapat diwujudkan. Keberadaan Desa Idumun tanpa ada bantuan Pemerintah baik pusat provinsi dan daerah tidak bisa berbuat apa-apa, kini dari tahun ke tahun insfratruktur dapat terbangun,” tuturnya.

Dijelaskannya, saat ini Insfratruktur yang sudah terbangun di Desa Idumun berkat adanya bantuan Dana Desa antara lain, Jembatan gantung dengan Anggaran mencapai 400juta, jembatan ini di bangun adas dasar kesepakatan masyarakat, sebagai akses menuju perkebunan Masyarakat, jembatan viva air, MCK 3 Unit, Tanggul Penankal Tebing, Drainase, Pengecoran bahu jalan, pembuatan jalan paving dan pembuatan pagar rumah Ibadah serta yang terbanyak penguatan tebing di permukiman masyarakat. “Desa Idumun berada di puncak gunung, sehingga untuk menghindari terjadinya longsor pembangunanya banyak di fokuskan kesitu,” jelas Nurtin.

Adapun Anggaran lainnya di Alokasikan ke Bumdes “Karya Bersama” yakni Pembangunan depot air bersih, serta pengadaan kendaraan oprasional. “Alhamdulilah Bumdes untuk desa Idumun berjalan baik, bahkan setiap tahunya saldo yang ada dapat di gunakan untuk kegiatan ke pemudaan, selain itu di alihkan untuk pembelian sembako dan di bagikan ke masyarakat yang kurang mampuh di saat menyongsong Bulan Suci Ramadhan,” ucapnya.

Untuk Dana BLT buat masyarakat kurang mampu dari tahun 2019 hingga 2020 suda di salurkan sebagaimana petunjuk teknis yang ada.

Hal ini turut di benarkan oleh mantan PLH Kepala Desa Idumun Saurin Mamonto, bahwasanya selain bantuan Dana Desa lewat Pemerintah Pusat, ada juga lewat Pemerintah Daerah, yaitu Pengadaan air bersih dan Pembangunan jalan penghubung Desa Idumun dan Desa Bai. “Dengan di bangunya jalan penghubung tersebut masyarakat sangat merasa terbantu, karena berdampak positif bagi ekonomi masyarakat,” jawab Saurin.

“Adapun yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Idumun ke depan,yaitu Kendaraan Ambulans, namun semua itu baru sebatas usulan, tinggal di lihat dari Alokasih dana dan petunjuk Pemerintah Daerah,” ucap Nurrin. (Arman/red)

Categories: Bolmong Raya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s