Minahasa Tenggara

Dipimpin Ketua DPRD, Wabup Legi Tegaskan Paripurna Ranperda RPJMD Mitra Selaraskan Visi Misi di Masa Pandemi Covid-19

Mitra, Sulutnewstv.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar rapat paripurna agenda pembicaraan tingkat pertama atas rancangan peraturan daerah (RANPERDA) tentang perubahan “Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah” (RPJMD) Mitra tahun 2018 – 2023 bertempat di aula Sport Hall Kantor Bupati Senin, (15/03).

Dalam rapat Paripurna tersebut dihadiri langsung Wakil bupati Drs. Jesaja Yoke Legi bersama Sekretaris Daerah(Sekda) David Harrywan Lalandos AP. MM.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mitra Marty M.Ole, SE. Mn, Wakil Ketua Toni Lasut, yang diawali laporan singkat oleh sekertaris DPRD Boy Akay.

Dalam sambutan Mewakili Bupati James Sumendap, .SH, Wabup Legi mengatakan, Perubahan RPJMD tentunya penting dan disusun dengan maksud memberikan arah dan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam membangun kesepahaman, kesepakatan, dan komitmen bersama mewujudkan visi dan misi Pemkab Mitra secara berkesinambungan.

“RPJMD merupakan dokumen perencanaan komprehensif lima tahunan yang selanjutnya akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan rencana strategis (Renstra) perangkat daerah,”kata Wabup Legi.

Kemudian lanjut Legi, munculnya pandemi global Virus corona yang menyebabkan harus adanya refocusing anggaran sehingga RPJMD perlu untuk disesuaikan.

Ditambahkan Wabup, beberapa perubahan sangat mendasari diantaranya perubahan subtansi, dalam hal ini diselaraskan dengan Perpres RI Nomor 18 tahun 2020 tentang (RPJMN) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

“Selain harmonisasi dengan RPJMN, hal ini untuk menyelaraskan dengan arah kebijakan nasional, fokus pada pembangunan, kerangka pendanaan yang sesuai dengan peraturan pemerintah no 12 tentang pengelolaan keuangan daerah,”tukas Legi.

Rapat paripurna ini diikuti oleh seluruh Anggota DPRD, Para Pejabat eselon 2, para kepala bidang, para Camat, serta para insan pers. (Imanuel)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s