Tomohon

Pukul Opa YA Pakai Linggis, Pelaku DW asal Tumatantang Diciduk Totosik Polres Tomohon 

Tomohon, SULUTNEWSTV.com – Opa YA, (72) Lansia asal Kelurahan Tumatangtang, Kecamatan Tomohon Selatan ini harus menjalani perawatan insentif di RSUP Prof Kandou Malalayang akibat luka serius dibagian kepala di hantam pelaku DW (34) menggunakan linggis.

“Korban mengalami luka jahitan dengan panjang sekira 11 centimeter (Cm) dan saat ini dirujuk ke RSUP Prof Kandou Malalayang,” sebut Kepala Tim Unit Reaksi Cepat Totosik Polres Tomohon Bripka Yanny Watung, Minggu (14/3/2021) siang.

Adapun kejadi berawal pada hari Sabtu (13/3/2021), sekira pukul 16.30 Wita saat itu pelaku dan saksi Aldi Hudi (32) serta satu rekan lainnya sedang berada di pondok yang ada di perkebunan Seper, Kelurahan Tumatangtang.

Ketika pelaku dan rekan-rekannya sedang meminum Tuak (saguer, red) tiba-tiba terdengar suara teriakan (bakukuk) secara berulang-ulang sambil memaki. Setelah dicek, ternyata merupakan perbuatan korban dan korban selanjutnya melintasi pondok pelaku.

Saat itu pelaku sempat menegur korban untuk tidak bakuku karena mengganggu pelaku dan anak-anaknya yang ada di pondok, namun Korban menyampaikan kepada pelaku kenapa ‘kamu kamu bertingkah ini bukan kebun kamu’. Korban selanjutnya meninggalkan lokasi pondok pelaku, dan sekira pukul 17.00 Wita, Pelaku mendengar teriakan yang sama sambil memaki.

Setelah diteliti ternyata terikan tersebut sama dengan suara korban. “Pelaku kemudian merasa jengkel dan selanjutnya sambil memegang besi jenis linggis. Pelaku mencari sumber suara teriakan tersebut dan sekira 300 meter dari pondok pelaku,” kata Yanny.

“Pelaku menemukan korban yang berjalan sambil memegang kayu. Ketika pelaku menghampiri korban, tiba-tiba korban mengangkat kayu yang dipegangnya dan hendak memukul ke arah pelaku.”

“Namun pelaku sebaliknya dengan cepat mengayunkan besi yang dipegangnya sampai mengenai kepala korban sehingga korban langsung terjatuh ke tanah,” terang Yanny menambahkan pada waktu bersamaan saksi Aldi yang berada di TKP langsung mengambil besi yang dipegang pelaku dan mudian membuang besi tersebut.

“Aldi selanjutnya menarik DM dan membawa DM kembali ke pondok pelaku sedangkan korban dibiarkan tertidur ditanah,” tukasnya.

Adapun Tim Totosik sekira pukul 18.30 Wita mendapat informasi kejadian penganiayaan tersebut. Selanjutnya menuju ke rumah pelapor/korban guna melakukan Pulbaket.

Setelah mengetahui permasalahan yang terjadi, Tim langsung melakukan pencarian terhadap Pelaku. Sekira 19.00 Wita Tim menuju ke Pondok Pelaku di Kompleks Perkebunan Seper, namun sesampainya di sana Team mendapati Pondok tersebut kosong.

Kemudian dilakukan pencarian ke rumah Pelaku dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku tanpa perlawanan. Setelah dilakukan introgasi, pelaku mengakui besi yang digunakan memukul korban masih disimpan Pelaku di Pondok. Pelaku DM diamankan ke Mapolres Tomohon,” tandas Yanny. (CT)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s