Ekonomi & Bisnis

Honda Sosialisasi #CariAman Serta Bagikan Tips Postur Berkendara Yang Nyaman

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Daya Adicipta Wisesa (DAW) menunjukan kepeduliannya terhadap Keselamatan Berkendara di Jalan Raya dimana Honda juga merupakan Pelopor Keselamatan Berkendara (Safety Riding) yang secara kontinyu memberikan edukasi dan pelatihan mengenai Safety Riding kepada pelajar, komunitas Honda maupun karyawan swasta.

Pada bulan Maret ini, instruktur Safety Riding DAW telah memberikan edukasi dan sosialisasi #Cari_Aman dan keselamatan berkendara kepada siswa SMK Klabat Airmadidi, komunitas Honda GBMC (Generation BeAT Manado Club) dan karyawan PT. Kamdjaja Logistik.

Menurut Instruktur Safety Riding DAW Ronald Manueke, pengenalan mengenai pentingnya keselamatan dijalan raya harus diketahui oleh semua orang karena kita semua merupakan pengguna jalan yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi.

Kita diwajibkan memiliki karakter disiplin sebagai pengguna jalan seperti berkendara dengan aman dan nyaman karena bukan hanya demi keselamatan diri sendiri tapi bagi orang lain juga. Maka dari itu kita perlu memahami langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan sebelum berkendara sampai saat berkendara.

Misalnya cek kendaraan sebelum berkendara dan service rutin merupakan langkah awal untuk keselamatan berkendara”, ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Honda juga membagikan tips Postur Berkendara yang Nyaman. Berkelana menggunakan sepeda motor memang menyenangkan. Agar berkendara tidak mudah lelah yang berpotensi menurunkan konsentrasi, perlu diperhatikan postur berkendara yang tepat.

Kenyamanan berkendara yang menyenangkan akan semakin maksimal jika didukung oleh kendaraan yang tepat. Salah satu contohnya, bisa dicoba ngegas dengan Honda PCX yang baru saja dirilis ke public bulan lalu. Skutik besar dengan mesin 160cc eSP+ ini ini menawarkan segitiga ergonomi postur berkendara yang cocok untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh.

Berikut beberapa postur berkendara yang nyaman dan menyenangkan  :

1.    Ride on Position
Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher.

Pada Honda PCX, posisi stang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan memberikan handling yang nyaman dan maksimal.

Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan design jok yang mampu menyangga dengan baik.

2.    Leasure Position
Leasure position merupakan posisi dimana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara, seperti yang ditawarkan oleh Honda PCX terbaru.

Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh. Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi Ride On Position.

“Postur berkendara yang benar dan nyaman dapat menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara. Dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting dimana pengendara harus mampu mengidentifikasi kondisi jalan yang dilewati, namun di waktu bersamaan juga harus rileks sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara.

Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman seperti Honda PCX, riders tetap dapat memperhatikan keselamatan dengan #Cari_Aman sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan,” jelasnya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s