Bolmong Raya

Jaga Keamanan dari Keberadaan Orang Asing, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kanwil Kemenhukam Sulut Gelar Rakor TIMPORA di Kota Kotamobagu

SULUTNEWSTV.COM, Kotamobagu – Untuk menjaga tetap terpeliharanya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara melalui Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di wilayah Kota Kotamobagu yang dilaksanakan di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Rabu (24/3).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah, Lumaksono yang didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Ganda Samosir dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu, Usman, dengan mengundang Instansi Pemerintah terkait pada Kota Kotamobagu.

“Keberhasilan melaksanakan tugas pengawasan memerlukan dukungan dari berbagai institusi untuk berkerja bersama-sama dalam rangka penegakan hukum, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 69 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011tentang Keimigrasian bahwa untuk melaksanakan pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Indonesia,” ungkap Kakanwil Lumaksono.

Lebih lanjut Kakanwil berharap Rapat TIMPORA ini dapat meningkatkan komunikasi/koordinasi dalam sinergitas pelaksanaan pengawasan orang asing khususnya di Kota Kotamobagu, sehingga apapun bentuk pelanggaran yang dilakukan orang asing bisa terdeteksi dengan baik dan bisa dilakukan penegakan hukum sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

“Dengan mengacu kepada kebijakan pemerintah dibidang keimigrasian yaitu Selective Policy bahwa visa hanya bisa diberikan kepada orang asing yang memberikan manfaat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum, maka perlu adanya saling koordinasi antar instansi karena masalah orang asing bukan hanya menjadi tugas imigrasi saja, melainkan sudah menjadi tugas bersama seluruh Tim Pengawas Orang asing yang sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” jelasnya.

Asisten I Bagian Kepemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Teddy Makalalag mewakili Walikota Kotamobagu yang turut hadir pada kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kanim Kotamobagu karena telah memfasilitasi dan mengagendakan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk kerja sama antar instansi dalam lembaga terkait.

“Selaku Pemerintah Daerah saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan Rapat Timpora saat ini sebagai upaya konsolidasi, koordinasi dan pertukaran informasi terhadap pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kota Kotamobagu,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi dari Kepala Divisi Keimigrasian yang membawakan materi tentang Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang dipandu oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu selaku Moderator. (Red/Arm)

Categories: Bolmong Raya, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s