Minahasa Tenggara

Siap-Siap, Usulan Bantuan Pelaku UMKM Mitra Segera Bergulir

MITRA, SULUTNEWSTV.com – Program Nasional Kementerian pusat terkait perpanjangan bantuan pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tahun 2021 di Kabupaten Minahasa Tenggara segera bergulir.

Kepala Dinas Koperasi Mitra Gotlieb Mamahit mengatakan, bantuan ini tidak lagi sama dengan tahun lalu yakni setiap penerima mendapat bantuan sebesar Rp 2,4 juta kini berkurang menjadi Rp 1,2 juta. Tak hanya informasi itu, pihaknya juga sudah mengantongi petunjuk teknis (juknis) dari kementerian, hanya saja masih menunggu petunjuk Dinas Koperasi Provinsi.

“Memang untuk tahun ini bantuan khusus UMKM sudah dipastikan diperpanjang, namun kejelasan terkait kapan mulai pengusulannya masih menunggu informasi dari Provinsi,” kata Mamahit di Aula Sport Hall Kantor Bupati Mitra, Kamis (25/03).

Menurutnya, mekanisme pengusulan calon penerima ini agak berbeda dari tahun sebelumnya, yakni usulan langsung dari Pemerintah Daerah dalam hal dinas Koperasi tanpa rujukan dari oganisasi tertentu.

“Teknisnya sekarang harus dinas langsung yang mengusulkan, tidak lagi secara pribadi, badan usaha ataupun organisasi,” terangnya.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya sementara melakukan koordinasi dengan pihak provinsi, melalui pembentukan tim pokja yang diketuai langsung kepala dinas untuk menindak lanjuti mekanisme pengusulan.

Ditambahkan Mamahit, penerima UMKM tahun lalu masih bisa diusulkan. Meski tetap memperhatikan nama yang belum sempat terakomodir sebelumnya atau belum diusulkan sama sekali.

“Yang pasti usulan bantuan segera bergulir, mudah mudahan secepatnya,” tukas Mamahit. (Baim)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s